SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Berkaca Dari Negara Ini, Kinerja PNS Justru Meningkat Karena Bekerja Dari Rumah

Jumat, 09 Agustus 2019 16:38 by reinasoebisono | 6374 hits
Berkaca Dari Negara Ini, Kinerja PNS Justru Meningkat Karena Bekerja Dari Rumah
Image source: Detik

DREAMERS.ID - Pemerintah beberapa waktu lalu membuka wacana aparatur sipil negara (ASN) atau Pegawai Negeri Sipil (PNS) bekerja dari rumah. Ternyata usut punya usut, pemerintah berkaca dan melihat kesuksesan sistem tersebut yang telah diterapkan di negara tetangga.

Lebih tepatnya di Australia, penerapan sistem tersebut mampu mendorong produktivitas. Hal ini diungkapkan oleh Deputi bidang SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Setiawan Wangsaatmaja.

"Pengalaman di Australia, ketika hal itu diterapkan, produktivitas pegawai tercatat meningkat," katanya dalam keterangan tertulis, Jumat (9/8).

Setiawan lebih lanjut mengatakan jika PNS kerja dari rumah tidak diterapkan dalam waktu dekat. Melainkan perlu adanya system dan regulasi yang matang agar bisa bekerja layaknya perusahaan startup. Ide tersebut terus dikembangkan.

Baca juga: Apa Kabar Nasib 5.340 PNS Eselon yang Terancam Dihapus Karena Diminta Jokowi 'Disederhanakan'?

"Ada fleksibilitas dalam kerja, kita sedang merencanakan itu. Bisa kerja dari rumah, tinggal nanti kita buat aturannya," ujarnya.

Nantinya, ASN bisa bekerja di rumah tapi dengan ukuran kinerja yang jelas. Dan tidak sembarangan, karena dilakukan oleh ASN yang terbukti berkinerja baik. Pemerintah sendiri mendorong birokrasi berbasis digital sejalan dengan berkembangnya revolusi industry 4.0.

Ada sejumlah syarat untuk mewujudkan birokrasi berbasis 4.0 yaitu percepatan layanan, efisiensi layanan, akurasi layanan, fleksibilitas kerja dan berdampak social. Via Detik, terkait fleksibilitas nantinya pekerjaan aparatur sipil negara (ASN) tak harus dilakukan di kantor. Di masa mendatang, pekerjaan bisa dilakukan melalui smartphone sehingga akan efisien dan memperpendek alur birokrasi.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Rapat terbatas atau ratas digelar oleh Presiden Joko Widodo dengan para menteri Kabinet Indonesia Maju. Fokusnya, membahas mengenai program Kartu Pra Kerja di Kantor Presiden, Jakarta Pusat. Salah satu hal yang ditunggu dari program ini adalah perkembangan lebih lanjut soal pengangguran ‘digaji’....
  • HOT !
    Sudah 2 tahun semenjak kepergian Habib Rizieq ke Arab Saudi tahun 2017 lalu. Hingga saat ini Habib Rizieq belum menginjakan kakinya kembali ke tanah air....
  • HOT !
    Peristiwa mengejutkan namun juga misterius menimpa keluarga Desak Putu Tiara (17) yang dikenal sebagai pembawa baki saat penurunan bendera 17 Agustus 2019 sebagai paskibraka di Taman Kota Singaraja karena tiba tiba meninggal dunia....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : Jill, Sehun, Ibu dan Mama.

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)