home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Gunung Tangkuban Parahu Naikkan Status untuk Warga Jauhi Radius 1,5 Km

Jumat, 02 Agustus 2019 11:13 by reinasoebisono | 758 hits
Gunung Tangkuban Parahu Naikkan Status untuk Warga Jauhi Radius 1,5 Km
Image source: Liputan6

DREAMERS.ID - Gunung Tangkuban Parahu yang secara tiba-tiba mengeluarkan erupsi beberapa waktu lalu, dikabarkan sejak tadi malam juga mengalami 4 kali erupsi susulan. Status gunung tersebut pun dinaikkan oleh Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi atau PVMBG.

Melansir Liputan6, gunung yang berlokasi di Kabupaten Subang, Jawa Barat itu mengalami kenaikan status menjadi Waspada (Level II) dari Normal (Level I) karena aktivitas vulkanis. Peningkatan ini berlaku mulai Jumat (2/8) pukul 08.00 WIB.

"Karena ada peningkatan ancaman, maka hari ini, 2 Agustus 2019 mulai jam 8 pagi ini Gunung Tangkuban Parahu dinyatakan statusnya naik dari level 1 Normal menjadi level 2 Waspada," kata Kepala PVMBG Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Kasbani di Bandung, Jumat (2/8).

Gunung Tangkuban Parahu memang mengalami peningkatan aktivitas sejak Jumat (26/7) lalu yang mengeluarkan embusan asap dari Kawah Ratu dengan ketinggian 200 meter dari dasar kawah. Dan pada Kamis malam kemarin, erupsi kembali terjadi pada pukul 20.46 dengan tinggi sekitar 180 meter dari dasar kawah.

"Sejak malam ada peningkatan yang cukup signifikan, ada beberapa kali erupsi setidaknya ada 4 kali erupsi malam hari dan pada dini hari tadi 4 kali erupsi," kata Kasbani. "Ancaman daerah bahaya sejauh 1,5 kilometer dari pusat kawah. Kami harapkan masyarakat tetap tenang dan mengikuti arahan PVMBG terkait perkembangan Gunung Tangkuban Parahu," 

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)