home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Fakta Gempa Bayah Banten yang Ternyata Getarannya Terasa Hingga Jakarta

Senin, 29 Juli 2019 10:12 by reinasoebisono | 792 hits
Fakta Gempa Bayah Banten yang Ternyata Getarannya Terasa Hingga Jakarta
Image source: Liputan6

DREAMERS.ID - Hari Minggu 28 Juli kemarin, terjadi gempa bermagnitudo 5.2 yang akhirnya diperbaharui berkekuatan 4.9 di Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak Banten. Gempa tersebut tak berpotensi tsunami namun getarannya terasa hingga ke sejumlah wilayah.

Melansir Liputan6, salah satu area yang terkena getarannya adalah Jakarta. Ada pun lokasi gempa dilaporkan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geoisika (BMKG) berada di 59 km Barat Daya Bayah-Banten dengan kedalaman mencapai 10 kilometer.

Hingga kini belum ada informasi terkait jatuhnya korban jiwa akibat terdampak gempa maupun kerusakan terkait infrastruktur maupun bangunan rumah warga.

"Kami mengerahkan semua relawan kecamatan untuk melakukan pemantauan, khususnya di lokasi titik gempa," kata Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebak Kaprawi. "Kami hingga kini belum menerima laporan dari relawan kecamatan yang bertugas di wilayah selatan adanya kerusakan rumah warga maupun infrastruktur lainnya,"

Baca juga: Aceh Diguncang Gempa Cukup Besar 6.4 SR, Diminta Waspada Gempa Susulan

Yang ramai menjadi pemberitaan adalah apakah gempa tersebut berdampak pada memicu erupsi Gunung Krakatau di Selat Sunda? Kepala Bidang Informasi Gempa Bumi dan Peringatan Dini Tsunami BMKG, Dayrono mengatakan tidak berdampak sama sekali.

"Tidak mas, tidak sama sekali. Jadi Krakatau terlalu jauh, hanya II MMI, getarannya sudah melemah," ujar Daryono.  "Jangankan jauh, dulu di Lombok (dekat) sampai (magnitudo) 7, Gunung Rinjani enggak apa-apa tho. Gunung terpengaruh terhadap gempa kalau kondisinya sedang aktif. Lavanya cair, volume gasnya banyak. Itu gempa bisa memicu letusan. Tapi kalau magma sedang kental, gasnya tidak banyak, aman-aman saja,"

Sama seperti Krakatau, kondisi Gunung Tangkuban Parahu pun dinyatakan akan aman. Karena meski getarannya mencapai Sukabumi, gempa Bayah Banten itu tak akan terpengaruh terhadap aktivitas magma Gunung Tangkuban Parahu yang erupsi Jumat lalu.

"Sama seperti ke Tangkuban Parahu jarak cukup jauh, percepatan getaran tanahnya sudah melemah (atenuasi) dan data skalai intensitasnya relatif kecil II hingga III MMI," jelas dia. "Jadi bukan magmatik. Kayak orang masak air, jomplang tutup. Enggak terlalu bahaya. Cuman ada kepanikan karena abunya menyembur. Atasnya ada tumpukan materil vulkanik, yang didorong tekanan uap dari bawah itu,"

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Kasus virus corona atau COVID 19 terkonfirmasi di Indonesia semakin meningkat dengan yang terkonfirmasi mencapai 81.668 dengan penambahan hari ini sebanyak 1.574 kasus positif....
  • HOT !
    Tim Gugus Tugas menyatakan bahwa kasus kekerasan berbasis gender semakin meningkat ditengah pandemi virus corona. Reisa Broto Asmoro, selaku Tim Komunikasi Publik Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19, mengatakan korban kekerasan tidak seharusnya dibiarkan menghadapi kasus kekerasan seorang diri....
  • HOT !
    Gabungan Pengelola Bioskop Seluruh Indonesia (GPBSI) akan kembali membuka operasional bioskop secara serentak di Indonesia. GPBSI mewakili para pengusaha bioskop terdiri atas Conema XXI, CGV, Cinepolis, Dakota Cinema, Platinum dan New Star Cineplex....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : princessnanda
Cast : nanda(you),exo,super junior,edo

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)