SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Kim Jong Un Terang-terangan Bilang Peluncuran Rudal Korut Adalah Peringatan untuk Korea Selatan

Jumat, 26 Juli 2019 16:30 by reinasoebisono | 8846 hits
Kim Jong Un Terang-terangan Bilang Peluncuran Rudal Korut Adalah Peringatan untuk Korea Selatan
Image source: Detik

DREAMERS.ID - Korea Utara pada Kamis (25/7) kemarin sempat melakukan peluncuran rudal ke arah laut. Di mana sempat diberitakan jika satu rudalnya belum pernah terdeteksi jenis apa pun selama ini dan sontak menjadi pemberitaan dunia.

Kini Pemimpin Tertinggi Korea Utara, Kim Jong Un turut menegaskan jika peluncuran dua rudal tersebut adalah ‘peringatan’ terhadap Korea Selatan. Kim mengatakan, via laman Detik, jika negaranya terpaksa mengembangkan senjata untuk ‘menghabisi potensi maupun ancaman langsung’.

Uji coba peluncuran itu melibatkan system pengendali taktis senjata yang baru. Kim Jong Un juga mengaku dirinya puas dengan system tersebut sambal mengklaim jika persenjataan tersebut tidak mudah ditangkal.

Karena itu, lanjut Kim, Korea Selatan seharusnya tidak membuat kesalahan dengan mengabaikan peringatan. Menurut pemantauan militer Korsel, Korut telah menembakkan dua rudal jarak pendek waktu dini hari dekat pelabuhan Wonsan.

Baca juga: Puas di Uji Coba Nuklir Terbaru, Kim Jong Un: Itu Peringatan untuk Korsel dan Amerika!

Setelah menempuh jarak sejauh 430 kilometer dan mencapai ketinggian 50 kilometer, rudal itu jatuh di perairan Laut Jepang atau yang lebih dikenal dengan sebutan Laut Timur. Mnteri Pertahanan Jepang pun mengklarifikasi jika peluncuran itu tidak mencapai perairannya dan tidak berdampak langsung pada keamanan Nasional.

Peristiwa ini disebut terjadi setelah Korut mengutarakan kemarahannya terkait rencana latihan militer Amerika Serikat dengan Korsel bulan depan. Korut pun memperingatkan latihan tersebut bisa mempengaruhi kelanjutan perundingannya dengan Presiden Donald Trump.

Rencana latihan militer tersebut dikecam Korut yang disebut ‘pelanggaran semangat’ pernyataan bersama yang ditandatangani Trump dan Kim dalam pertemuan pertama mereka di Singapura tahun lalu. "Korea Utara jelas marah karena AS dan Korea Selatan melakukan latihan militer," kata Harry Kazianis dari Centre for National Interest di Washington kepada kantor berita Reuters.

Trump pun membalasnya dengan mengatakan percaya pada Kim Jong Un tidak akan melakukan apapun untuk merusak hubungan yang lebih baik. Melalui cuitannya, Trump mengatakan Kim "tahu bahwa saya tidak akan melanggar janjinya kepada saya."

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Beberapa waktu lalu telah terjadi kecelakaan beruntun antara 20 kendaraan di KM91 Tol Cipularang. Kecelakaan ini menelan sebanyak 8 orang korban jiwa....
  • HOT !
    Akhirnya pada hari Rabu (18/9) Komisi Pemberantasan Korupsi atau KPK resmi menetapkan Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi sebagai tersangka dalam kasus suap. Imam yang diinisialkan IMR oleh KPK diduga menerima suap....
  • HOT !
    Konflik di Yaman masih berkepanjangan hingga membuat berbagai kepala negara berkumpul dan membahasnya. Mereka adalah Presiden Rusia Vladimir Putin, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dan Presiden Iran Hassan Rouhani....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : arsyaden
Cast : Arsy, Vian, Lee Dong Wook, dkk

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)