SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Presiden Jokowi Angkat Bicara Soal Prediksi Gempa Besar 8.8 SR di Pesisir Jawa

Selasa, 23 Juli 2019 15:37 by reinasoebisono | 688 hits
Presiden Jokowi Angkat Bicara Soal Prediksi Gempa Besar 8.8 SR di Pesisir Jawa
Image source: Suara

DREAMERS.ID - Potensi gempa 8.8 skala richter dan tsunami 20 meter di pesisir Jawa muncul belakangan ini tentu meresahkan masyarakat. Karena bagaimana pun, gempa selama ini hanya bisa diprediksi besaran dan dampaknya, belum bisa diperkirakan kapan waktu akan terjadinya.

Kini Presiden Joko Widodo atau Jokowi angkat bicara jika kterangan resiko bencana dan fenomena alam bukanlah bertujuan untuk membuat resah masyarakat apalagi menimbulkan kepanikan. Sebab gempa besar itu adalah potensi, masyarakat perlu waspada.

Jokowi pun mengarahkan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) untuk terus meningkatkan koordinasi dengan seluruh pemerintah daerah dalam menginformasikan kondisi meteorology, klimatologi dan geofisika, melansir Suara.

"Tolong beritahukan apa adanya. Supaya setiap pembangunan juga mengacu. Kalau daerah-daerah yang rawan bencana ya tolong diberitahukan, sampaikan ke daerah; ini rawan gempa, lokasi ini rawan banjir, jangan dibangun bandara, jangan dibangun bendungan, jangan dibangun perumahan," kata Jokowi.

Baca juga: Mirisnya Cerita Jokowi Bandingkan Kecepatan Perizinan Abu Dhabi dan Indonesia: Tidak Sampai Setengah Jam!

Keterangan resiko bencana dan fenomena ala mini juga diperlukan untuk membangun suatu daerah, sehingga kerugian dapat diminimalisasi. BMKG juga berperan untuk terus memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai lokasi geografis Indonesia yang berada di jalur ‘Ring of Fire’ sehingga rawan bencana.

"Seperti kemarin agak ramai potensi 'megathrust'. Sampaikan apa adanya, memang ada potensi kok, bukan meresahkan. Sampaikan dan tindakan apa yang akan kita lakukan, itu edukasi, memberikan pembelajaran kepada masyarakat," jelas Jokowi.

Diharapkan dengan edukasi itu maka masyarakat dan pemerintah daerah dapat mempersiapkan diri menghadapi resiko bencana antara lain dengan membangun peringatan dini sirine, jalur evakuasi darurat, hingga membangun rumah tahan gempa bumi.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Semenjak kejadian penangkapan 43 mahasiswa Papua di Surabaya, berbagai macam hoaks mulai bermunculan. Tak ingin informasi hoaks bertambah banyak, Kominfo merilis pernyataan hoaks mengenai penculikan pengantar makanan dan minuman di Asrama Papua Surabaya....
  • HOT !
    Sebagai seorang presiden, Joko Widodo tentu telah bertandang ke negara negara sahabat di berbagai belahan dunia lain. Namun belakangan ada satu kunjungan yang dinilainya paling berkesan, bahkan telah beberapa kali diceritakan....
  • HOT !
    Baru diberitakan pengakuan pelaku wanita di video syur perilaku seks menyimpang dari Garut mengatakan jika ia dipaksa suami untuk melakukan video seks secara beramai ramai, kini ditemukan lagi fakta baru oleh pihak kepolisian....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : StrongBaby
Cast : -Amber Josephine Lu f(x) -Lee Seunghyun Bigbang -Lee Gikwang B2ST -Son Dongwoon B2ST -Lot Of Cameo

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)