SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Inilah Prediksi Rute MRT di Masa Depan, Sampai 2030!

Selasa, 23 Juli 2019 10:37 by reinasoebisono | 5200 hits
Inilah Prediksi Rute MRT di Masa Depan, Sampai 2030!
Image source: Detik

DREAMERS.ID - MRT atau Moda Raya Terpadu memiliki perkembangan pesat dengan melonjaknya jumlah penumpang sejak resmi beroperasi. Disebut menjadi tulang punggung transportasi di Jakarta, ternyata MRT belum selesai dalam waktu dekat, namun akan terus berkembang melingkupi area Jabodetabek.

Melansir Detik, MRT Jakarta yang telah beroperasi di rute Lebak Bulus-Bundaran HI ini akan dibangun pula jalur MRT sepanjang 230 km dan dikebut hingga 2030 mendatang. Disebut Dirut PT MRT Jakarta William P Sabandar, MRT 230 km itu akan dilakukan dengan pendekatan parallel alias bertahap dan berkelanjutan.

"Karena kan ada MRT line 1 sampai line 10 untuk 230 km. Itu sedang kita dibantu konsultan Jepang. Kemudian mendesain, keluar angka untuk Jakarta 230 km," ujarnya beberapa waktu lalu. 

Proyek ini disetujui berdasarkan catatan diskusi proyek integrasi kebijakan transportasi perkotaan Jabodetabek fase II antara JICA yang diwakili oleh JICA Indonesia dengan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas), dan Badan Transportasi Jabodetabek (BPTJ). 

Baca juga: MRT Jakarta Belajar Dari Korea Selatan untuk Hal Tak Terduga Semacam Ini

Tujuan dari proyek ini tentu adalah mengembangkan fungsi institusi administrative dan system transportasi perkotaan dengan mempromosikan pengembangan kapasitas dan kerjasama antara organisasi terkait transportasi perkotaan di Jabodatek dalam rangka pengembangan system transportasi umum perkotaan.

Meski begitu, rute ini masih dalam bentuk hasil kajian dan belum ada dasar hokum yang menetapkan hasil kajian ini menjadi landasan pembangunan MRT tahap selanjutnya. "Yang baru pasti itu untuk rute Selatan-Utara dan Timur-Barat," kata Sekretaris Perusahaan PT MRT Jakarta Muhammad Kamaluddin.

Berikut adalah daftar 10 line MRT Jakarta yang mencakup target pembangunan 230 km jalur baru sampai tahun 2030 mendatang.

* Lebak Bulus-Ancol Barat
* Cikarang-Balaraja
* Bandara Soetta-Kampung Bandan
* Cilincing-Lebak Bulus
* Karawaci-Senayan-Cawang-Cikarang
* Lebak Bulus-Rawa Buntu-Karawaci
* Bekasi Utara-Bekasi Selatan
* Pluit-Grogol-Kuningan-Depok
* Outer loopline
* Inner loopline

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Mungkin tak banyak yang merasakan jika ada gempa terjadi pada dini hari tadi di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Memang tidak terbilang besar, yaitu di kekuatan magnitudo 3.9 mengguncang pada pukul 03.06 WIB....
  • HOT !
    Baru diberitakan pengakuan pelaku wanita di video syur perilaku seks menyimpang dari Garut mengatakan jika ia dipaksa suami untuk melakukan video seks secara beramai ramai, kini ditemukan lagi fakta baru oleh pihak kepolisian....
  • HOT !
    Peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia Sabtu (17/8/2019) kemarin diwarnai insiden penangkapan 43 mahasiswa Papua di Surabaya. Penangkapan ini dilakukan berdasarkan pengaduan masyarakat mengenai adanya perusakan bendera Merah Putih yang diduga dilakukan oleh beberapa mahasiswa Papua....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : StrongBaby
Cast : -Amber Josephine Lu f(x) -Lee Seunghyun Bigbang -Lee Gikwang B2ST -Son Dongwoon B2ST -Lot Of Cameo

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)