SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Tanpa Disadari, Ternyata 7 Negara Ini Telah Hilang Dari Peta Dunia

Senin, 22 Juli 2019 17:15 by Rie127 | 21952 hits
Tanpa Disadari, Ternyata 7 Negara Ini Telah Hilang Dari Peta Dunia
Image Source: Sindo

DREAMERS.ID - Banyaknya negara di seluruh dunia, mungkin menjadi salah satu faktor kita tidak menyadari keberadaan satu sama lain. Bahkan fakta bahwa ternyata terdapat beberapa negara di dunia yang sudah dihapus dari peta dunia.

Hal ini dikarenakan beberapa konflik seperti terjadinya Perang Dunia I dan II, memisahkan diri, faktor internal, faktor eksternal serta serangan-serangan yang menjadi faktor runtuhnya suatu negara. Melansir laman IDN Times, berikut ini adalah tujuh negara yang tanpa kita sadari ternyata sudah tidak ada didalam peta dunia. 

1. Uni Soviet


Image Source: Maps Russia

Tentunya kamu sudah mengetahui mengenai sejarah dari Negara Uni Soviet? Uni Soviet merupakan Negara komunis yang berdiri sejak 25 Oktober 1917, dan juga merupakan Negara yang sangat berjaya pada masanya. Kekuatan politik dari Negara komunis ini juga sangat kuat.

Namun, pada 25 Desember 1991, Uni Soviet runtuh selama 74 tahun berdiri dan dikenal sebagai Negara yang agung. Hal ini disebabkan karena beberapa permasalahan internal, seperti korupsi, konflik antar suku bangsa, dan beberapa masalah lain yang menjadi sumber dari gerakan sporadis penghancur kedaulatan Negara.

Uni Soviet sendiri kemudian terpecah menjadi beberapa Negara berdaulat yang kurang dari lima belas Negara. Salah satu Negara terbesar dari pecahnya Uni Soviet adalah Negara Russia.

2. Yugoslavia


Image Source: University of Texas Libraries

Negara Yugoslavia merupakan Negara yang sudah tidak ada sejak tahun 2003 lalu. Negara ini telah berdiri sejak tahun 1918, dan terbentuk dari hasil Deklarasi Corfu pada 20 Juli 1917. Terbentuknya Negara ini diawali oleh Josip Broz Tiro yang kemudian menjadi pemimpin tertinggi di Yugoslavia pada tahun 1953, dan aktif dalam kegiatan non blok yang didirikan oleh ibukota Yugoslavia pada tahun 1961.

Bagi Yugoslagia sendiri, gerakan Nonblok sangat penting karena dapat menggabungkan Negara-negara yang memiliki etnis berbeda-beda. Sayangnya, semenjak meninggalnya Josip, Negara ini menjadi tidak beraturan dan akhirnya terpecah.

Penyebabnya dari hilangnya Negara Yugoslavia adalah hutang yang menumpuk, berakhirnya gerakan nonblok, adanya campur tangan Negara lain, munculnya gerakan separatis, tidak mampu menghadapi perubahan yang pesat, penentangan Serbia terhadap keinginan bangsa lain.

Negara Yugoslavia terpecah menjadi 6 negara dan 2 provinsi otonom yaitu Bosnia dan Herzegovina, Krosia, Makedonia, Slovenia, Serbia, Vojvidona dan Kosovo (2 provinsi otonom yang dibentuk pada masa Josip Broz Tito berkuasa)

3. Ottoman


Image Source: Serhat Engul

Kerajaan Ottoman atau Turki Utsmaniyah adalah sebuah kerajaan yang berdiri pada tahun 1299, dan mengalami masa kejayaan pada tahun 1453 setelah Mehmed II berhasil menaklukan Konstantinopel. Pada masa ini pasukan kerajaan yang bernama Janissary sangat ditakuti oleh dunia.

Kerajaan Ottoman mencapai puncak kejayaannya pada masa pemerintahan Sulaiman al-Qonuni bin Salim atau terkenal dengan nama Suleiman the Magnificent (Suleiman yang Agung).

Namun, pada bulan November 1922 kerajaan ini harus runtuh setelah menjalani masa kejayaannya selama 693 tahun berdiri. Negara yang kalah dalam Perang Dunia I haru membagi wilayah kepada pihak yang menang, seperti wilayah Mesir, Sudan, dan Palestina yang diserahkan pada Inggris.

Pada tahun 1922, Turki dibawah kepemimpinan Kemal Pasha memenangkan perang kemerdekaan dan menghapuskan sistem Kesultanan, juga menciptakan negara modern Republik Turki seperti yang ada sampai saat ini. 

4. Austro Hungari


Image Source: Reddit

Berdiri sejak tahun 1867, Austro Hungaria merupakan Kerajaan-Kekaisaran terbesar kedua di Eropa secara geografis, setelah Russia, dan merupakan yang memiliki penduduk terbanyak setelah Russia dan Jerman. Kerajaan ganda ini juga membangun industri mesin terbesar keempat didunia setelah Amerika Serikat, Jerman, dan Britania Raya

Kekalahan dalam Perang Dunia I, membuat Austro-Hungari mengalami dampak yang besar, terlebih lagi perpecahan antar etnis bangsa. Pada tahun 1918, akhirnya Negara ini pecah dan menjadi negara-negara modern seperti Austria, Hungaria, Cekoslowakia, dan Yugoslavia, dengan beberapa bagian wilayahnya yang lain bergabung ke Italia, Polandia, dan Rumania.

5. Vietnam Selatan


Image Source: Maps Of World

Vietnam Selatan berdiri pada saat Prancis berusaha mendirikan Negara-negara boneka di kawasan Indocina di akhir Perang Dunia II, hal ini tentunya membuat Vietnam menjadi terpecah. Kemudian terjadilah perang Indocina I pada tahun 1946-1954, yaitu antara Vietnam Utara yang didukung oleh Tiongkok dan Vietnam Selatan didukung oleh Prancis.

Kemudian pada tahun 1957, terjadi kembali Perang Indocina yang ke 2 dan berlangsung hingga tahun 1975. Hal ini dikarenakan ketika Ho Chi Minh melakukan serang kembali pada Vietnam Selatan..

Karena banyaknya korban yang berjatuhan, akhirnya kedua belah pihak memutuskan untuk berunding dan melakukan gencatan senjata pada tahun 1970.  Namun, Vietnam Utara secara tiba-tiba melakukan penyerangan terhadap Vietnam Selatan.  Karena mendapat serangan kembali dengan menghancurkan jalur komunikasi dan transportasi, akhirnya Vietnam Utara menyepakati gencatan senjatanya. Perjanjian itu disebut sebagai Persetujuan Paris, dan ditandatangani pada 27 Januari 1973.

Namun, pada 18 April 1975 Vietnam Utara kembali mengancam wilayah Vietnam Selatan, dan wilayah yang dituju adalah Saigon, ibu kota Vietnam Selatan. Pada persetujuan Paris AS berjanji mengirim pesawat B-52 yang akan mengebom Vietnam Utara jika melakukan pelanggaran. Namun hal itu tidak dilakukan oleh AS, dan Vietnam Selatan kekurangan kekuatan militernya.

Pada akhirnya pasukan Vietnam Selatan kalah akibat hujan tembakan artileri yang dilakukan oleh Vietcong. Akhirnya pasukan Vietnam Utara mulai menduduki posisi-posisi penting di Saigon dan mengibarkan bendera mereka di istana kepresidenan Vietnam Selatan pada 30 April 1975. Hal itu menandakan menyerahnya pemerintahan Vietnam Sealtan tanpa syarat kepada Vietcong, dan kejatuhan Saigon pun menandakan berakhirnya Perang Vietnam dengan kemenangan Vietnam Utara. Hal ini menjadi periode awal transisi Vietnam menjadi satu negara yang utuh.

6. Cekoslovakia


Image Source: Britannica

Sebelum bernama Cekoslovakia, negara ini dikenal dengan nama “Bohemia” karena di wilayah tersebut ada banyak pendatang dari suku Boiern. Di tahun 1917, terjadi pertemuan di Pittsburgh, Penssylvania, di mana Thomas Masaryk mewakili Ceko menandatangani perjanjian tersebut.

Perjanjian itu mendorong penyatuan negara Czechia dan Slovakia menjadi Cekoslovakia yang resmi berdiri pada Oktober 1918. Cekoslovakia berbentuk republik dan memiliki pusat pemerintahan di Praha.

Meski awalnya merupakan negara yang maju, lama-kelamaan Cekoslovakia mengalami kemunduran karena sistem ekonomi yang terpusat.

Perpecahan cekoslovakia disebabkan oleh adanya perbedaan kondisi masyarakat dan infrastruktur antar kedua Negara Ceko dan Slovakia, kemudian Ceko menganggap Slovakia sebagai beban, sedangkan Slovakia merasa tidak dianggap. Disusul dengan kesepakatan antara dua Negara untuk berpisah agar dapat lebih berkembang setelah runtuhnya sistem komunis.

7. Jerman timur


Image Source: Maps Of World

Jerman Timur merupakan hasil aneksasi Uni Soviet setelah Perang Dunia II. Kamu mungkin pernah mendengar Tembok Berlin, tembok tersebut dibangun untuk memisahkan antara Jerman Barat dan Jerman Timur.

Jerman Timur merupakan salah satu negara satelit Uni Soviet. Runtuhnya Tembok Berlin yang terkenal pada tahun 1990, bersamaan dengan bersatunya kembali rakyat Jerman secara resmi telah meruntuhkan negara Jerman Timur yang berpaham komunis. Tidak lama kemudian hal tersebut juga menjadi awal runtuhnya Uni Soviet.

(Rie127)

Komentar
  • HOT !
    Kemarin warga media sosial dihebohkan dengan video singkat pertikaian antara dua orang wanita di sebuah hajatan. Dinilai adegannya teralu rapih, netizen menduga bahwa video ini hanyalah bagian dari iklan....
  • HOT !
    Kabar duka datang dari salah satu fotografer yang pada tahun 1989 mengambil gambar paling menentukan dalam insiden penumpasan demonstran di Tiananmen. Charlie Cole meninggal dunia di Bali kemarin Jumat (13/9) pada usia 64 tahun....
  • HOT !
    Pada tahun 1997, seorang pria bernama William Earl Moldt dikabarkan menghilang setelah pulang dari tempat hiburan malam. Kekasihnya yang sempat menelponnya pada pukul 21.30 mengatakan bahwa William akan kembali pulang ke wilayah Lentana....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : arsyaden
Cast : Arsy, Vian, Lee Dong Wook, dkk

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)