SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Pakar Ungkap Jakarta Akan Lebih Dahulu Tenggelam Dibanding Kota-kota Lain di Dunia

Minggu, 21 Juli 2019 19:40 by reinasoebisono | 4847 hits
Pakar Ungkap Jakarta Akan Lebih Dahulu Tenggelam Dibanding Kota-kota Lain di Dunia
Image source: Sindo News

DREAMERS.ID - Selain kemacetan, masalah di Ibu Kota Jakarta adalah banjir yang kerap merendam beberapa titik. Namun prediksi terbaru dari ahli mengungkapkan jika Jakarta akan tenggelam bukan karena banjir.

Melainkan karena datarannya akan lebih rendah dibanding air laut, melansir Okezone News. Bahkan, Jakarta disebut akan tenggelam lebih cepat dari kota mana pun di dunia ini.

Sekitar 95 persen wilayah utara ibu kota ini diprediksi berada di bawah air laut pada tahun 2050. Kondisi Jakarta saat ini memang telah melengkung akibat beban pertumbuhan yang cepat dan pembangunan infrastruktur.

Menurut perkiraan pakar, kota ini amblas hingga 25 sentimeter per tahun dan perlahan ditelan oleh naiknya permukaan laut. Tetapi penyebab utama dari tenggelam wilayah Jakarta nanti adalah bahwa 60 persen penduduk dan bisnis yang mengambil air langsung dari tanah.

Baca juga: Hengkang Dari Woolim Entertainment, Berikut Ini Adalah Deretan Perjalanan Karir L INFINITE!

"Ini bencana," kata Profesor Heri Andreas, pakar penurunan tanah dari Institut Teknologi Bandung. "Jika kita mengambil air tanah, tanah menjadi padat, jadi yang di atas menjadi lebih rendah dan lebih rendah," ujarnya.

"Beberapa bagian di Jakarta sudah tenggelam sekitar empat meter sekarang dan di masa depan mungkin kita dapat mendapati dua atau tiga meter lagi," paparnya.

Pemerintah Indonesia telah menjanjikan dana besar untuk infrastruktur air, tetapi peneliti mengatakan waktunya hampir habis. "Kami membutuhkan setidaknya 10 tahun untuk mengubah air tanah menjadi air permukaan dan akhirnya menghentikan surutnya," kata Profesor Andreas.

Pemerintah juga memiliki rencana yang berani untuk menciptakan ibu kota baru di pulau lain dalam upaya untuk meringankan banyak tantangan Indonesia dari pertumbuhan yang cepat. Itu adalah ide yang telah diperdebatkan selama beberapa dekade, tetapi pemerintah Presiden Joko Widodo saat ini yakin akan mengeksekusinya.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Mungkin tak banyak yang merasakan jika ada gempa terjadi pada dini hari tadi di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Memang tidak terbilang besar, yaitu di kekuatan magnitudo 3.9 mengguncang pada pukul 03.06 WIB....
  • HOT !
    Baru diberitakan pengakuan pelaku wanita di video syur perilaku seks menyimpang dari Garut mengatakan jika ia dipaksa suami untuk melakukan video seks secara beramai ramai, kini ditemukan lagi fakta baru oleh pihak kepolisian....
  • HOT !
    Peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia Sabtu (17/8/2019) kemarin diwarnai insiden penangkapan 43 mahasiswa Papua di Surabaya. Penangkapan ini dilakukan berdasarkan pengaduan masyarakat mengenai adanya perusakan bendera Merah Putih yang diduga dilakukan oleh beberapa mahasiswa Papua....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : StrongBaby
Cast : -Amber Josephine Lu f(x) -Lee Seunghyun Bigbang -Lee Gikwang B2ST -Son Dongwoon B2ST -Lot Of Cameo

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)