SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Fenomena Embun Es di Kabupaten Bandung Karena Cuaca Ekstrim

Kamis, 18 Juli 2019 15:35 by reinasoebisono | 710 hits
Fenomena Embun Es di Kabupaten Bandung Karena Cuaca Ekstrim
Image source: CNN Indonesia

DREAMERS.ID - Tak hanya di dataran tinggi Dieng yang mengalami cuaca ekstrim hingga menimbulkan fenomena es, namun di Bandung ternyata juga muncul suhu super dingin yang mengakibatkan embun es terjadi di kawasan perkebunannya.

Tepatnya di Kecamatan Kertasari, Kabupaten Bandung mengalami 9 derajat Celsius yang mengakibatkan embun es muncul pada Kamis (18/7) pagi. Embun beku tersebut terpantau di jalan raya sekitar Desa Tarumajaya.

Melansir CNN, suhu 9 derajat itu terjadi sekitar 05.00 WIB pagi. Warga sekitar pun menuturkan jika sebenarnya suhu dingin di wilayah tersebut terasa setidaknya sejak sepekan terakhir. Di mana suhu dingin terasa paling menusuk tulang pada Selasa (16/7) pagi.

"Dinginnya terasa berbeda dari biasanya. Kalau sekarang [suhu tadi malam] sampai 0 derajat celcius, dilihat dari termometer di pabrik," kata Igin, warga sekitar. "Hari ini lebih mendingan dinginnya dibanding kemarin. Kalau embun beku memang sudah ada," 

Sebelumnya, pada Selasa lalu, Peneliti Cuaca dan Iklim BMKG Provinsi Jawa Barat Muhamad Iid Mujtahiddin jika suhu terdingin rata-rata di Bandung saat puncak kemarau periode Juli mencapai 16.4 derajat celsius.

Baca juga: Buka-bukaan Polisi yang Viral Karena 'Nempel' di Kaca Mobil Pengemudi yang Ditilangnya

"Dari pantauan alat pengukur suhu udara di Stasiun Geofisika Bandung tercatat selama bulan Juli 2019 ini, suhu udara terendah tercatat sebesar 16,4 derajat celsius pada tanggal 12 Juli 2019," kata Iid dalam keterangan tertulisnya.

"Suhu yang dingin dalam beberapa hari terakhir di Bandung Raya maupun secara umum di Jawa Barat merupakan fenomena yang biasa atau wajar yang menandakan datangnya periode musim kemarau," kata Iid.

Pada saat musim kemarau angin bertiup yang melewati Jawa Barat, merupakan angin pasat tenggara atau angin timuran dari arah Benua Australia dan pada bulan Juli, Agustus, September di Australia sedang mengalami puncak musim dingin. Sehingga suhunya relatif lebih dingin dibandingkan musim penghujan.

 

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Mungkin tak banyak yang merasakan jika ada gempa terjadi pada dini hari tadi di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Memang tidak terbilang besar, yaitu di kekuatan magnitudo 3.9 mengguncang pada pukul 03.06 WIB....
  • HOT !
    Baru diberitakan pengakuan pelaku wanita di video syur perilaku seks menyimpang dari Garut mengatakan jika ia dipaksa suami untuk melakukan video seks secara beramai ramai, kini ditemukan lagi fakta baru oleh pihak kepolisian....
  • HOT !
    Peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia Sabtu (17/8/2019) kemarin diwarnai insiden penangkapan 43 mahasiswa Papua di Surabaya. Penangkapan ini dilakukan berdasarkan pengaduan masyarakat mengenai adanya perusakan bendera Merah Putih yang diduga dilakukan oleh beberapa mahasiswa Papua....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : StrongBaby
Cast : -Amber Josephine Lu f(x) -Lee Seunghyun Bigbang -Lee Gikwang B2ST -Son Dongwoon B2ST -Lot Of Cameo

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)