SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Pembatasan Ekspor Dari Jepang, Perusahaan Elektronik Asal Korea Selatan Ini Mulai Cari Sumber Bahan

Rabu, 17 Juli 2019 22:09 by Rie127 | 659 hits
Pembatasan Ekspor Dari Jepang, Perusahaan Elektronik Asal Korea Selatan Ini Mulai Cari Sumber Bahan
Dreamers.id

DREAMERS.ID - Pada Rabu (10/7/2019) lalu, media sosial Korea Selatan diramaikan dengan hashtag #BoycottJapan, hal ini terjadi karena pemerintah Jepang memutuskan untuk membatasi ekspor tiga material yaitu photoresist (untuk industri semikonduktor), hydrogen flouride (untuk permbuatan chip) dan flourinated polymides (untuk layar smartphone).

Karena hal tersebut, salah satu perusahaan elektronik terbesar asal Korea Selatan, Samsung Electronic, kini sedang menguji bahan baku hidrogen fluorida dari perusahaan di luar Jepang. Hal ini dilakukan seiring dengan pengetatan ekspor dari Jepang yang membatasi pengiriman bahan dasar pembuatan chip Samsung.

Diketahui, bahwa Samsung telah mengirimkan pejabat senior ke Taiwan dan daratan China untuk mencari pemasok alternatif sejak Jepang mengumumkan pembatasan pada  1 Juli 2019 lalu.

Diperkirakan, Samsung akan membutuhkan waktu dua hingga tiga bulan untuk menentukan apakah kualitas produksi saat ini dapat dipertahankan dengan hidrogen fluoride yang berasal dari sumber lain atau tidak.

Hidrogen fluoride sendiri digunakan untuk menghilangkan bahan berlebih di sekitar silikon. Sedangkan untuk produksi semikonduktor terbaik harus membutuhkan gas yang 99,99% murni.

Sementara itu, perusahaan Jepang diketahui menjadi negara terbaik dalam mengembangkan teknologi tersebut. Hal ini dibuktikan, bahwa Jepang menguasai sekitar 80-90% dari pasar dunia. 

Baca juga: Melihat Perbandingan Duo Galaxy Note 10 yang Baru Rilis dengan Galaxy Note 9

Analisa S&P Global Ratings, Jun Hong Park menilai hambatan teknologi untuk material informasi teknologi (IT) terbilang tinggi. Akibatnya, akan sulit bagi produsen Korea untuk mengejar ketertinggalan ini dalam waktu yang dekat. 

Analis S&P lainnya, Shawn Park, menuturkan kualitas bahan harus menjadi prioritas utama. Karena tingkat hasil produksi semikonduktor akan lebih tinggi pada saat menggunakan bahan berkualitas tinggi dari perusahaan Jepang. 

Sekalipun uji coba ini memberikan hasil yang baik, Samsung masih harus melewati negosiasi harga dan jumlah dengan pemasok. Sebab, Samsung tercatat sebagai pemasok 40 persen pangsa pasar global untuk dua jenis chip memori utama terkenal dengan penawarannya yang sulit.

Menurut sumber, Samsung membeli hidrogen fluorida dengan kemurnian tinggi dari Stella Chemifa, Morita Chemical Industries dan Showa Denko. Diketahui ketiganya merupakan perusahaan asal Jepang. 

Sebelumnya, Samsung tidak pernah secara serius mempertimbangkan untuk beralih ke pemasok gas etsa lain. Sebab, produsen Jepang sudah dikenal fokus pada produksi dengan kualitas tinggi dan pengiriman yang cepat. 

Selain Samsung, SK Hynix salah satu produsen cip memori terbesar didunia setelah Samsung juga mengatakan sedang mempertimbangkan untuk beralih ke pemasok etsa gas di luar Jepang.

(Rie127)

Komentar
  • HOT !
    Di tengah maraknya isu polusi di ibu kota, salah satu caranya adalah menghidupkan kembali paru paru kota atau penghijauan. Yaitu bisa dengan cara membangun banyak taman yang akan segera dilakukan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta....
  • HOT !
    Presiden Jokowi menghadiri Sidang Tahunan MPR dan menyampaikan pidato kenegaraan dengan total 3 pidato pada hari ini Jumat (16/8). Sidang ini sendiri adalah agenda rutin tahunan dalam rangka menyambut perayaah HUT Kemerdekaan RI....
  • HOT !
    Penerapan perluasan sistem ganjil genap, selain mengurai dan mengurangi kemacetan ibu kota, diharapkan pula bisa menekan tingginya polusi udara di DKI Jakarta. Namun nampaknya sistem tersebut tidak terlalu berpengaruh jika tidak sungguh sungguh dilakukan....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : bellecious0193
Cast : Wu Yi Fan aka Kris Wu, Lee Na Ra (oc), Cho Kyuhyun, Lee Hea Ae (oc), Oh Sehun

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)