SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Ingin Melihat Gerhana Bulan Terakhir Di Tahun 2019 ? Ini Waktu Yang Tepat Untuk Melihatnya

Rabu, 17 Juli 2019 07:25 by Rie127 | 569 hits
Ingin Melihat Gerhana Bulan Terakhir Di Tahun 2019 ? Ini Waktu Yang Tepat Untuk Melihatnya
Image Source: BMKG

DREAMERS.ID - Fenomena gerhana bulan sebagian akan terjadi pada Rabu (17/7/2019). Meskipun gerhana bulan sebagian adalah fenomena yang sering disaksikan, namun gerhana bulan kali ini cukup istimewa karena kita harus menunggu waktu yang cukup lama jika ingin melihatnya lagi.

"Ini adalah gerhana Bulan terakhir di 2019, sekaligus gerhana bulan kasatmata terakhir hingga setidaknya dua tahun ke depan," ujar Marufin dilansir dari Kompas.com

Badan Metorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyatakan bahwa gerhana bulan kali ini akan dimulai pada Rabu pukul 03.01 WIB. Sementara puncak gerhananya akan terjadi pada pukul 04.30 WIB dan selesai pada pukul 6.00 WIB.

Baca juga: Transformasi Lee Jae Wook Jadi Bad Boy di Drama Terbaru Bareng Rowoon SF9

Total waktu gerhana adalah 2 jam 58 menit. Karena hanya gerhana bulan sebagian, maka bulan tak akan seluruhnya berwarna merah darah. Hanya kurang lebih separuh bagian bulan saja yang akan berubah warna.

Berdasarkan data Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA), di sepanjang tahun 2020 nanti akan ada 4 gerhana bulan. Sayangnya, keempatnya adalah gerhana bulan penumbra, atau tidak kasat mata. Jadi, kita tidak akan bisa mengetahui perbedaannya dengan bulan biasa.

"Nyaris tak bisa dibedakan dengan purnama sempurna biasa kecuali oleh pengamat berpengalaman atau dengan menggunakan bantuan kamera DSLR atau teleskop," imbuh Marufin.

Gerhana kasat mata selanjutnya akan terjadi pada 26 Mei 2021, berupa gerhana matahari total. Saat itu, wilayah yang dapat menyaksikan fenomena ini adalah wilayah Jawa, Sumatera, dan Kalimantan. Namun, puncak gerhana terbaik dapat disaksikan di wilayah Sumatera.

(Rie127)

Komentar
  • HOT !
    Di tengah maraknya isu polusi di ibu kota, salah satu caranya adalah menghidupkan kembali paru paru kota atau penghijauan. Yaitu bisa dengan cara membangun banyak taman yang akan segera dilakukan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta....
  • HOT !
    Presiden Jokowi menghadiri Sidang Tahunan MPR dan menyampaikan pidato kenegaraan dengan total 3 pidato pada hari ini Jumat (16/8). Sidang ini sendiri adalah agenda rutin tahunan dalam rangka menyambut perayaah HUT Kemerdekaan RI....
  • HOT !
    Penerapan perluasan sistem ganjil genap, selain mengurai dan mengurangi kemacetan ibu kota, diharapkan pula bisa menekan tingginya polusi udara di DKI Jakarta. Namun nampaknya sistem tersebut tidak terlalu berpengaruh jika tidak sungguh sungguh dilakukan....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : bellecious0193
Cast : Wu Yi Fan aka Kris Wu, Lee Na Ra (oc), Cho Kyuhyun, Lee Hea Ae (oc), Oh Sehun

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)