home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Ingin Melihat Gerhana Bulan Terakhir Di Tahun 2019 ? Ini Waktu Yang Tepat Untuk Melihatnya

Rabu, 17 Juli 2019 07:25 by Rie127 | 670 hits
Ingin Melihat Gerhana Bulan Terakhir Di Tahun 2019 ? Ini Waktu Yang Tepat Untuk Melihatnya
Image Source: BMKG

DREAMERS.ID - Fenomena gerhana bulan sebagian akan terjadi pada Rabu (17/7/2019). Meskipun gerhana bulan sebagian adalah fenomena yang sering disaksikan, namun gerhana bulan kali ini cukup istimewa karena kita harus menunggu waktu yang cukup lama jika ingin melihatnya lagi.

"Ini adalah gerhana Bulan terakhir di 2019, sekaligus gerhana bulan kasatmata terakhir hingga setidaknya dua tahun ke depan," ujar Marufin dilansir dari Kompas.com

Badan Metorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyatakan bahwa gerhana bulan kali ini akan dimulai pada Rabu pukul 03.01 WIB. Sementara puncak gerhananya akan terjadi pada pukul 04.30 WIB dan selesai pada pukul 6.00 WIB.

Baca juga: 5 Karakter Drama Korea Ini Bikin Penonton Darah Tinggi

Total waktu gerhana adalah 2 jam 58 menit. Karena hanya gerhana bulan sebagian, maka bulan tak akan seluruhnya berwarna merah darah. Hanya kurang lebih separuh bagian bulan saja yang akan berubah warna.

Berdasarkan data Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA), di sepanjang tahun 2020 nanti akan ada 4 gerhana bulan. Sayangnya, keempatnya adalah gerhana bulan penumbra, atau tidak kasat mata. Jadi, kita tidak akan bisa mengetahui perbedaannya dengan bulan biasa.

"Nyaris tak bisa dibedakan dengan purnama sempurna biasa kecuali oleh pengamat berpengalaman atau dengan menggunakan bantuan kamera DSLR atau teleskop," imbuh Marufin.

Gerhana kasat mata selanjutnya akan terjadi pada 26 Mei 2021, berupa gerhana matahari total. Saat itu, wilayah yang dapat menyaksikan fenomena ini adalah wilayah Jawa, Sumatera, dan Kalimantan. Namun, puncak gerhana terbaik dapat disaksikan di wilayah Sumatera.

(Rie127)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)