home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Tak Cuma Iming 'Sale', Ada Trik Toko 'Jebak' Pelanggan Agar Makin Tertarik Berbelanja

Jumat, 12 Juli 2019 17:00 by reinasoebisono | 3982 hits
Tak Cuma Iming 'Sale', Ada Trik Toko 'Jebak' Pelanggan Agar Makin Tertarik Berbelanja
Image source: Liputan6

DREAMERS.ID - Meski usaha online kini menjamur, pertokoan juga belum kehilangan pelanggan seluruhnya karena memiliki kelebihan tersendiri. Salah satunya adalah bisa memastikan kualitas barang sasarannya sesuai dengan yang diinginkan atau tidak.

Namun sadar atau tidak, ternyata toko, terutama baju atau sepatu memiliki trik tersendiri untuk menjaring pelanggan selain memajang diskon. Karena ada banyak trik jitu lain yang kadang tak disadari untuk ‘menjebak’ konsumen agar membeli produk mereka.

Hal ini diungkapkan oleh seorang pramuniaga yang telah bekerja di Tommy Hilfiger dan Gap selama 6 tahun, Sophia Jones terkait strategi marketing yang sering digunakan untuk menarik pelanggan, melansir Liputan6.

Yang pertama adalah mengapa umumnya tanda tulisan ‘SALE’ berwarna putih denan latar merah. Ternyata ini adalah trik marketing menggunakan ilmu psikologi. Dalam otak manusia, warna merah diasosiasikan sebagai sebuah peringatan. Hal ini menjadi penekanan urgensi yang membuat seseorang akhirnya membeli barang tersebut.

Yang sedang tren pula adalah strategi brand recognition  atau produsen barang fashion memproduksi barang yang mirip dengan keluaran merek besar dan ternama. Karena nyatanya, jika seseorang melihat suatu barang yang modelnya mirip dengan barang branded tapi dengan harga lebih murah, tentu membuatnya lebih tergoda untuk membeli.

Belum lagi trik meletakkan barang diskon di dekat ruang ganti. Tentu saja hal ini membuat calon pembeli untuk turut mencoba baju sehingga berpeluang membelinya pula. Aromaterapi juag ternyata tak hanya membuat took jadi harum, tapi juga meningkatkan mood konsumen menjadi lebih nyaman dan peluang ‘memborong’ lebih besar.

Trik terakhir adalah membuat layout took lebih berkelok di antara rak-raknya. Karena dengan begitu, pengunjung akan berjalan lebih lambat sehingga menghabiskan waktu lebih lama di dalam took. Dengan waktu melihat-lihat lebih Panjang, hasrat nyaman dan mood pun baik sehingga peluang membeli juga besar.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)