SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Ada Aplikasinya yang Sempat Dikecam, Arab Saudi Segera Cabut Peraturan Wanita Harus Izin Pria Jika Bepergian?

Jumat, 12 Juli 2019 14:14 by reinasoebisono | 2685 hits
Ada Aplikasinya yang Sempat Dikecam, Arab Saudi Segera Cabut Peraturan Wanita Harus Izin Pria Jika Bepergian?
Image source: CNN Indonesia

DREAMERS.ID - Arab Saudi disebut akan kembali melonggarkan peraturan untuk penduduk wanitanya. Setelah Putra Mahkota Pangeran Muhammad bin Salman turut mengambil alih dapuk pemerintahan, Arab Saudi kerap mengeluarkan peraturan atau menghapus peraturan yang akhirnya melonggarkan pergerakan warga wanitanya.

Seperti kini wanita di Arab Saudi boleh menyetir atau menonton bioskop, belakangan Arab Saudi dilaporkan akan mencabut aturan wanita harus mendapatkan izin dari pria untuk melakukan perjalanan ke luar negeri.

Melansir CNN, keputusan ini diambil setelah adanya aplikasi pengontrol istri buatan pemerintah Arab Saudi yang menuai kecaman publik. Aplikasi bernama Absher itu memungkinkan pria untuk mengontrol istri atau kerabat wanitanya via smartphone.

Baca juga: Janet Jackson Gantikan Nicki Minaj Konser di Arab Saudi Malam Ini

Rencana ini juga akan mengakhiri perdebatan tentang system perwalian Arab Saudi yang dulunya, setiap wanita harus mendapatkan izin dari wali laki-lakinya untuk menikah, bekerja dan juga bepergian. Namun dalam hal ini, hanya aturan izin bepergian saja yang akan dihapus.

Pembatasan perempuan dan aplikasi Absher ini mendapat sorotan dunia dan dikritik habis oleh politisi dan aktivis Amerika Serikat. Mereka meminta aplikasi tersebut segera dihapus dari Google Play Store dan App Store pada Apple karena dianggap menghambat perempuan dan diskriminasi gender.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Di zaman yang serba canggih seperti saat ini, banyak bermunculan pekerjaan unik yang belum ada sebelumnya. Selain jasa sewa teman atau pacar yang kini mulai populer, ternyata ada loh jasa sebagai tukang peluk....
  • HOT !
    Abu Saila alias Aditya, yang adalah seorang presenter Lembaga Penyiaran Televisi Republik Indonesia (TVRI) yang juga pegawai negeri sipil (PNS) di Dinas Pariwisata Pemprov Sulawesi Tenggara ditemukan tewas....
  • HOT !
    Semakin terungkap, semakin miris dan mengerikan pula tabir yang terbuka dari pembakaran gedung studio Kyoto Animation di Jepang. Setelah pelaku yang tega menyiram bensin dan membakar gedung itu diamankan, kini terkuak pula detail pasca kebakaran....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : IkaaWulandari
Cast : Reina Lee (OC), EXO, Kim Myung Soo (Infinite), Jonghyun (CNBlue), Heechul (Super Junior), Kpop Idol

FORUM

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)