SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Ada Aplikasinya yang Sempat Dikecam, Arab Saudi Segera Cabut Peraturan Wanita Harus Izin Pria Jika Bepergian?

Jumat, 12 Juli 2019 14:14 by reinasoebisono | 2695 hits
Ada Aplikasinya yang Sempat Dikecam, Arab Saudi Segera Cabut Peraturan Wanita Harus Izin Pria Jika Bepergian?
Image source: CNN Indonesia

DREAMERS.ID - Arab Saudi disebut akan kembali melonggarkan peraturan untuk penduduk wanitanya. Setelah Putra Mahkota Pangeran Muhammad bin Salman turut mengambil alih dapuk pemerintahan, Arab Saudi kerap mengeluarkan peraturan atau menghapus peraturan yang akhirnya melonggarkan pergerakan warga wanitanya.

Seperti kini wanita di Arab Saudi boleh menyetir atau menonton bioskop, belakangan Arab Saudi dilaporkan akan mencabut aturan wanita harus mendapatkan izin dari pria untuk melakukan perjalanan ke luar negeri.

Melansir CNN, keputusan ini diambil setelah adanya aplikasi pengontrol istri buatan pemerintah Arab Saudi yang menuai kecaman publik. Aplikasi bernama Absher itu memungkinkan pria untuk mengontrol istri atau kerabat wanitanya via smartphone.

Baca juga: Meninggal di Usia 96 Tahun, Kakak Raja Arab Saudi yang Terkenal Misterius dan Jauh dari Publikasi

Rencana ini juga akan mengakhiri perdebatan tentang system perwalian Arab Saudi yang dulunya, setiap wanita harus mendapatkan izin dari wali laki-lakinya untuk menikah, bekerja dan juga bepergian. Namun dalam hal ini, hanya aturan izin bepergian saja yang akan dihapus.

Pembatasan perempuan dan aplikasi Absher ini mendapat sorotan dunia dan dikritik habis oleh politisi dan aktivis Amerika Serikat. Mereka meminta aplikasi tersebut segera dihapus dari Google Play Store dan App Store pada Apple karena dianggap menghambat perempuan dan diskriminasi gender.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Kabar perceraian dua pasangan selebriti Korea Selatan, Song Joong Ki Song Hye Kyo dan Ahn Jae Hyun Goo Hye Sun masih menjadi pemberitaan dengan beberapa drama yang terjadi di antaranya. Dan ternyata, dua kasus perceraian itu adalah sedikit dari banyaknya kasus perceraian di Korea Selatan....
  • HOT !
    Pemerintah telah memilih Provinsi Kalimantan Timur dan dua daerahnya sebagai lokasi untuk ibu kota negara baru nantinya. Namun, fenomena kebakaran hutan tengah melanda Kalimantan dan Sumatera hingga menjadi darurat bencana....
  • HOT !
    Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang terjadi di Riau dan Kalimantan telah jadi isu panas dan dinyatakan kondisi darurat karena hingga kini belum berhasil dipadamkan. Ditambah, musim panas yang masih belum berakhir menbuat sebaran api melebar....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : arsyaden
Cast : Arsy, Vian, Lee Dong Wook, dkk

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)