home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Disebut Posisi 'Basah', Jabatan Menteri Apa yang Jadi Rebutan di Kabinet Presiden Jokowi Nantinya?

Kamis, 11 Juli 2019 22:00 by reinasoebisono | 706 hits
Disebut Posisi 'Basah', Jabatan Menteri Apa yang Jadi Rebutan di Kabinet Presiden Jokowi Nantinya?
Image source: Okezone

DREAMERS.ID -Joko Widodo memang baru akan kembali dilantik bulan Oktober mendatang, namun posisi-posisi strategis seperti memteri telah disasar banyak terutama oleh partai koalisi yang memang wajar saja mendapat ‘jatah’ lebih banyak meski tak menutup kemungkinan Jokowi memberikan kesempatan pula pada kubu pesaingnya.

Dan di antara posisi menteri yang terbagi ke beberapa kementerian, ada istilah jabatan paling ‘basah’ yang memiliki arti penting dan terkait lamgsun dengan masyarakat atau hajat hidup orang banyak. 

Seorang pengamat politik, Ray Rangkuti pun memperkirakan Kementerian Desa jadi posisi menteri paling ‘basah’ dan diincar oleh partai pendukung Jokowi - Maruf Amin di Pilpres 2019.

Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi ini akan dijadikan proyeksi memupuk basis massa melalui program kementerian tersebut. 

"Sejak 2010, kementerian yang' basah' tidak hanya terkait kementerian ekonomi, tapi juga kementerian yang terkait langsung dengan hajat publik, seperti Kementerian Desa," kata Ray.

Baca juga: Vivo Resmi Luncurkan Perangkat V19 Harga 4 Jutaan

Dia mengatakan program pengucuran dana desa oleh Kementerian Desa, dapat menyita perhatian publik yang positif, khususnya masyarakat di desa-desa,sehingga akan berimbas positif bagi partai yang berhasil menempatkan kadernya sebagai menteri di sana.

Untuk diketahui, pada periode jabatan Jokowi yang pertama, hanya Partai PLB yang berminat dengan posisi Kementerian Desa yang menurut Ray ingin menjaga basis massa pemilih yang mayoritas tinggal di desa.

Namun di periode ke depan, PDI Perjuangan diperkirakan juga akan mengincar kementerian tersebut untuk kadernya. sebab PDIP belum memiliki figur yang cukup kuat untuk dicalonkan sebagai presiden tahun 2024, sehingga butuh memupuk basis massa yang lebih kuat.

Adapun Golkar, melansir laman Antara, menurutnya akan tetap meminati sektor kementerian yang berkaitan dengan masyarakat menengah ke atas, sebagai basis massanya. 

 

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok diam diam melaporkan dua akun Instagram @ito.kurnia dan @an7a_s679 ke Polda Metro Jaya atas kasus pencemaran nama baik. Kedua akun tersebut menghina istrinya Puput Nastiti Devi serta keluarga....
  • HOT !
    Tata cara ibadah haji tahun 2020 ini tentu berbeda dari sebelumnya karena dilaksanakan di tengah pandemi corona atau COVID 19, dengan protokol khusus dan jemaah yang tidak seramai biasanya....
  • HOT !
    Presiden Jokowi disebutkan menjalani tes swab Polymerase Chain Reaction atau PCR pada hari ini, Jumat (24/7) sore. Hal ini dikatakan setelah Wakil Wali Kota Solo Achmad Purnomo dinyatakan positif virus corona atau COVID 19....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : IkaaWulandari
Cast : Nevi, Park tae Joon, Song Ye Bom, Choi Yoon Hwan, Kim Hye Ri

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)