SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Pemerintah Dituding, Dubes RI Jelaskan Faktor 'X' Penghalang Habib Rizieq Pulang dari Arab Saudi

Kamis, 11 Juli 2019 10:23 by reinasoebisono | 814 hits
Pemerintah Dituding, Dubes RI Jelaskan Faktor 'X' Penghalang Habib Rizieq Pulang dari Arab Saudi
Image source: Istimewa

DREAMERS.ID - Selain syarat rekonsiliasi Prabowo-Sandi dengan Jokowi-Ma’ruf Amin adalah pemulangan Habib Rizieq Shihab, Mantan Jubir Badan Pemenangan Nasional (BPN) juga menyebut jika ada sesuatu atau portal yang menghalangi Habib Rizieq pulang ke Indonesia.

"Masalahnya adalah Habib itu bukan tidak mau pulang, tapi tidak bisa pulang. Kenapa? Karena saya sering menyebutnya sebagai faktor 'X', faktor 'X' itu bisa merobohkan portal yang menghambat Habib Rizieq pulang itu pemerintah sendiri, jadi makanya sebenarnya bolanya yang bisa membuka pintu Habib Rizieq pulang itu di pemerintah sendiri," kata Dahnil.

"Itu portal di tangan pemerintah, Habib itu nggak bisa keluar dari Arab Saudi, tentu itu ada.... Kita nggak tahu apa komunikasi pemerintah Indonesia dengan pemerintah Arab Saudi, itulah yang kita harapkan dibuka pemerintah Indonesia sehingga Habib bisa kembali ke sini, bisa kembali dengan umat berdakwah," ujar dia.

Menyusul hal tersebut, Dubes RI untuk Arab Saudi Agus Maftuh Abegebriel menjelaskan apa sebenarnya ‘portal’ yang menghalangi Habib Rizieq pulang ke Indonesia tersebut. Salah satunya adalah pembayaran denda bagi mereka yang overstay.

"Pertama, karena overstay. Cara penyelesaian ya bayar denda overstay sekitar 15 sampai dengan 30 ribu riyal. Rp 110 juta per orang," kata Maftuh. "Puluhan ribu WNA di Saudi yang overstay. Sesuatu yang biasa sebenarnya. Siapa pun harus bayar denda ini. Pernah ada juga akademisi dari sebuah universitas lupa tidak perpanjang visa ya kena denda juga segitu. Aturan baku Saudi,"

Baca juga: Benarkah Ada yang Ketakutan Jika Habib Rizieq Shihab Pulang Ke Indonesia?

Ada skema 'pulang gratis' sebenarnya, yaitu mengikuti program 'Amnesti Massal' Kerajaan Arab Saudi. Tetapi kami belum tahu kapan program amnesti ini akan dibuka oleh KSA," sambungnya.

Ada pun masalah lain yang membuat seseorang di Saudi tidak bisa kembali ke negaranya adalah berkaitan persoalan hukum. Jadi sekali pun ada WNI yang overstay telah membayar denda, dia tetap tidak bisa keluar Saudi jika memiliki persoalan hukum.

"Itu pun dengan catatan tidak ada masalah hukum, baik perdata maupun pidana, di Saudi," tutur Maftuh.

 

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Pihak Kementerian Perhubungan atau Kemenhub dilaporkan melakukan pemeriksaan terhadap pesawat milik maskapai Garuda Indonesia, Sriwijaya Air, Lion Air serta Batik Air. Pesawat dengan jenis Boeing 737 New Generation itu pun memberikan hasil cukup mengejutkan....
  • HOT !
    Alison French (57) adalah pemilik dari anjing Shih Tzu, bernama Looby yang telah berumur 14 tahun. Anjing milik Alison dikabarkan telah melawan kanker limfoma selama hampir tiga tahun, padahal sebelumnya, dokter mengatakan bahwa Looby hanya dapat bertahan selama beberapa minggu saja....
  • HOT !
    Setelah insiden penusukan yang menimpanya, Wiranto dikabarkan mendapatkan luka tusuk di usus. Maka, kerentanan infeksi dan kontaminasi yang disebabkan oleh luka tusukan akan jauh lebih besar. ...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : deandeyy
Cast : - Oh Se Hun -Xi Lu Han - Han Ji Ae - Shin Min Hee

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)