home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Geger Foto-foto Warga Kuliti Hewan Langka Diduga Macan Dahan yang Sekejap Viral

Senin, 01 Juli 2019 10:03 by reinasoebisono | 1822 hits
Geger Foto-foto Warga Kuliti Hewan Langka Diduga Macan Dahan yang Sekejap Viral
Image source: Kumparan

DREAMERS.ID - Lagi-lagi netizen dibuat geram oleh pembunuhan terhadap hewan langka yang menjadi viral setelah beredar beberapa foto di media sosial Facebook. Seorang netizen mengunggah foto-foto seekor macan yang tengah dikuliti beberapa warga.

Melansir Kumparan, foto viral itu diunggah oleh akun Dewi Manjah di grup Info Jabodetabek Terkini dan menyindir orang-orang yang terdapat dalam foto tersebut dengan mengatakan “Selapar itu kah kalian sampai tega membunuh hewan langka.”

Tampak dua orang dewasa dan satu orang anak memegang kucing besar berwarna cokelat dengan tutul hitam. Salah satu pria dewasa yang memakai baju biru terlihat sedang menguliti hewan tersebut. Di foto lain, nampak pula pria berkaus putih tersenyum memamerkan hewan yang telah dikuliti.

Belum berhasil ditelusuri, namun dari ciri yang terlihat, motif kulit kucing besar itu serupa dengan Macan Dahan atau neofelis nebulosa. Macan ini adalah salah satu hewan yang dilindungi sehingga membuat netizen geram dan minta kasus ini segera diusut.

Sementara dilansir dari Detik, Macan Dahan ini bisa memiliki panjang tubuh mencapai 95 cm. Di Indonesia sendiri terdapat 2 jenis macan dahan yang terdapat di Pulau Sumatera dan Pulau Kalimantan.


Image source: Detik

"Jadi Neofelis diardi diardi untuk macan dahan Sumatera dan Neofelis diardi borneensis untuk macan dahan Kalimantan," ujar Aktivis Forum Konservasi Macan Dahan Indonesia, Iding Achmad Haidir.

"Jadi kalau (di Sumatera) mulai dari Aceh itu sampai ke Lampung itu ada, itu kalau dari Utara ke Selatan. Kalau dari Timur ke Barat kalau daerah dataran rendah itu di Jambi, Riau, Hutan Harapan, sampai ke Kerinci Seblat, di Bukit Barisan itu ada juga," kata Iding.

Menurut Iding, macan dahan di Indonesia status konservasinya kini berada di tingkat Vulnerable atau rentan terhadap perburuan. Namun bukan tidak mungkin hasil assesment terbaru akan menaikkan status konservasi macan dahan menjadi endangered atau terancam. 

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Korea Selatan tengah menghadapi gelombang kedua pandemi COVID 19 atau corona. Berdasarkan pihak berwenang setempat, krisis yang dihadapi lebih besar sekarang daripada pada awal Mei karena penyebaran diam diam secara bersamaan di wilayah metropolitan Seoul....
  • HOT !
    Otoritas kesehatan masyarakat Korea mengatakan pada hari Senin (10/8) bahwa mereka telah menemukan tiga urutan genom baru yang bermutasi dari virus corona di antara kasus kasus impor di negaranya....
  • HOT !
    Pasha ‘Ungu’ alias Sigit Purnomo kini menjabat sebagai Wakil Wali Kota Palu. Belakangan saat menjalani tugas sebagai wakil rakyat, Pasha ditegur oleh Mendagri Tito Karnavian. Alasannya karena gaya rambut Pasha yang nyentrik di cat pirang....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)