SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

'Resep' Rahasia AirAsia Bisa Racik Harga Tiket Murah yang Diklaim Jadi Nilai Plus

Selasa, 25 Juni 2019 16:23 by reinasoebisono | 1203 hits
'Resep' Rahasia AirAsia Bisa Racik Harga Tiket Murah yang Diklaim Jadi Nilai Plus
Image source: Airline Ratings

DREAMERS.ID - Maskapai PT Indonesia AirAsia atau AirAsia terkenal dengan harga tiketnya yang terjangkau dan memang mengklaim tarif tiket maskapai asal Malaysia ini lebih murah dibanding maskapai berbiaya murah atau low cost carrier (LCC) lainnya.

Ternyata ada formula khusus yang dilakukan AirAsia agar menjaga standar harga tiket murahnya tersebut. Salah satunya, yang dibeberkan oleh Direktur Utama AirAsia Dendy Kurniawan, perbedaan utamanya adalah penggunaan jenis pesawat terbang.

Melansir CNN, perseroan hanya menggunakan satu jenis pesawat, yaitu Airbus A230. Karena persamaan tipe pesawat inilah memudahkan manajemen dari sisi Sumber Daya Manusia (SDM). Hal ini juga membuat perusahaan lebih hemat dari sisi penyediaan suku cadang atauspare part pesawat.

"Sertifikat pilot hanya (membutuhkan) itu. Jadi, ini nilai plus kami dibandingkan maskapai lain yang mengoperasikan pesawat berbeda, jadi mereka tidak bisa menggantikan pilot yang berhalangan dengan cadangan pilot lain karena sertifikasinya beda," katanya

Baca juga: Pengakuan 'Muak' CEO AirAsia Pada K-Pop yang Miliki Istri Orang Korea Selatan

Selain itu, maskapai ini juga merupakan bagian dari AirAsia Group yang telah beroperasi di enam negara dan memiliki 9 perusahaan maskapai. Dengan integrasi ini, efisiensi juga tercipta untuk AirAsia Indonesia.

"Contoh kami mau cari pesawat Airbus, kami datang ke Airbus dengan butuh pesawat dari Indonesia lima, dari Thailand sekian, disatukan jadi banyak. Tentu harganya akan beda kalau kami kumpulkan bersama, harganya jauh lebih baik dibandingkan dengan hanya lima pesawat," paparnya. 

Di samping itu, ia menuturkan perseroan berhasil memaksimalkan utilisasi pesawat, yakni sebesar 12,2 jam per hari. Dengan tingginya utilisasi ini secara otomatis mendorong pendapatan. "Tentunya ini akan membantu biaya sewa pesawat kami, karena pesawat sewa itu dipakai atau tidak dipakai tetap harus bayarnya sama," terang Dendy.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Kabar duka datang dari salah satu fotografer yang pada tahun 1989 mengambil gambar paling menentukan dalam insiden penumpasan demonstran di Tiananmen. Charlie Cole meninggal dunia di Bali kemarin Jumat (13/9) pada usia 64 tahun....
  • HOT !
    Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Pekanbaru telah menimbulkan dampak yang sangat memprihatinkan. Bahkan, Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion (P3E) Regional Sumatera telah mengeluarkan pernyataan bahwa kualitas udara di Pekanbaru sudah menyentuh level berbahaya....
  • HOT !
    Hari ini (13/9) Fenomena bulan purnama langka, Harvest Moon akan muncul pada malam nanti. Harvest moon selanjutnya diprediksi akan terjadi lagi di pada tahun 2049 mendatang. Bulan purnama kali ini disebut sebagai Harvest Moon karena saat fenomena ini terjadi, Bulan mencapai puncak paling bersinarnya dan berada paling dekat dengan equinox atau lamanya waktu siang dan malam sama di musim semi. Berdasarkan The Old Farmer's Almanac, nama lain dari fenomena ini adalah Corn Moon. Sebagian masyarakat meyakini kemunculannya sebagai penanda awal dari masa keberuntungan....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : arsyaden
Cast : Arsy, Vian, Lee Dong Wook, dkk

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)