SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Penjelasan Mengapa Suhu di Yogyakarta Belakangan Semakin Dingin

Minggu, 23 Juni 2019 08:17 by reinasoebisono | 12952 hits
Penjelasan Mengapa Suhu di Yogyakarta Belakangan Semakin Dingin
Image source: Detik

DREAMERS.ID - Beberapa hari terakhir ini, warga melaporkan jika wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) terasa lebih dingin terutama pada malam sampai dini hari. Perubahan suhu ini pun dijelaskan oleh pihak BMKG Yogyakarta.

Ternyata, semakin dingin suhu pada malam hari ini terjadi karena wilayah DIY telah memasuki musim kemarau. Karena memang pada musim kemarau, suhu pada malam hari hingga dini hari akan lebih rendah. Sedangkan pada siang hari suhu rata-ratanya antara 30 sampai 31 derajat calsius.

"Iklim keseluruhan wilayah DIY ini kan sudah memasuki musim kemarau," ujar Kepala Kelompok Data dan Informasi Stasiun Klimatologi BMKG Yogyakarta, Etik Setyaningrum

"Pagi hari tadi tercatat di kita suhu minimumnya sekitar 18 derajat celcius. Kalau rata-rata umumnya atau normalnya sekitar 20 hingga 21 derajat celcius," urainya.

Baca juga: Apa Sih Penjelasan Sebenarnya Dari Gerakan #GejayanMemanggil yang Trending di Sosial Media?

Hal ini disebut tergolong normal karena saat musim kemarau udara yang bergerak di atas wilayah DIY berasal dari Australia. Udara dari Australia ini bersifat kering dan dingin karena memang kondisi di Australia saat ini sedang dingin.

"Kering maksudnya imbasnya di kita pasti kelembabanya lebih rendah dibandingkan biasanya," katanya. "Kelembabanya kan rendah. Kelembaban itu kan mengandung uap air sehingga bisa menimbulkan awan. Kalau tidak ada awan, tidak ada yang menyerap sehingga panas langsung lepas ke angkasa dan menyebabkan dingin," 

"Kisaran suhunya rata-rata 20-21 derajat celcius.Kalaupun terjadi penurunan suhu kisarannya 18-19 derajat celcius. Enggak sampai jauh di bawah 10 derajat celcius," pungkasnya.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Bulan Desember tentunya menjadi salah satu bulan yang spesial bagi umat Kristiani, karena bulan ke 12 ini merupakan bulan dimana Sang Mesias, Yesus Kristus telah lahir ke dunia....
  • HOT !
    Entah apa yang terjadi di tanah Bollywood, ketika seorang perempuan India berusia 23 tahun yang merupakan korban pemerkosaan massal justru dibakar hidup hidup saat dalam perjalanan menuju ke pengadilan untuk memperjuangkan keadilannya....
  • HOT !
    Sudah bukan rahasia lagi bahwa hubungan suami istri antara Donald Trump dan Melania Trump sedang berada dalam situasi yang dingin. Hal ini dibenarkan dalam buku ‘Free, Melania’ yang mengatakan bahwa saat ini Melania dan juga Trump tidur secara terpisah di Gedung Putih....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)