SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Penjelasan Mengapa Suhu di Yogyakarta Belakangan Semakin Dingin

Minggu, 23 Juni 2019 08:17 by reinasoebisono | 12914 hits
Penjelasan Mengapa Suhu di Yogyakarta Belakangan Semakin Dingin
Image source: Detik

DREAMERS.ID - Beberapa hari terakhir ini, warga melaporkan jika wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) terasa lebih dingin terutama pada malam sampai dini hari. Perubahan suhu ini pun dijelaskan oleh pihak BMKG Yogyakarta.

Ternyata, semakin dingin suhu pada malam hari ini terjadi karena wilayah DIY telah memasuki musim kemarau. Karena memang pada musim kemarau, suhu pada malam hari hingga dini hari akan lebih rendah. Sedangkan pada siang hari suhu rata-ratanya antara 30 sampai 31 derajat calsius.

"Iklim keseluruhan wilayah DIY ini kan sudah memasuki musim kemarau," ujar Kepala Kelompok Data dan Informasi Stasiun Klimatologi BMKG Yogyakarta, Etik Setyaningrum

"Pagi hari tadi tercatat di kita suhu minimumnya sekitar 18 derajat celcius. Kalau rata-rata umumnya atau normalnya sekitar 20 hingga 21 derajat celcius," urainya.

Baca juga: Intip Keseruan SEVENTEEN Berpetualang di Yogyakarta yang Menangkan KBS 'Battle Trip'

Hal ini disebut tergolong normal karena saat musim kemarau udara yang bergerak di atas wilayah DIY berasal dari Australia. Udara dari Australia ini bersifat kering dan dingin karena memang kondisi di Australia saat ini sedang dingin.

"Kering maksudnya imbasnya di kita pasti kelembabanya lebih rendah dibandingkan biasanya," katanya. "Kelembabanya kan rendah. Kelembaban itu kan mengandung uap air sehingga bisa menimbulkan awan. Kalau tidak ada awan, tidak ada yang menyerap sehingga panas langsung lepas ke angkasa dan menyebabkan dingin," 

"Kisaran suhunya rata-rata 20-21 derajat celcius.Kalaupun terjadi penurunan suhu kisarannya 18-19 derajat celcius. Enggak sampai jauh di bawah 10 derajat celcius," pungkasnya.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Potensi gempa 8.8 skala richter dan tsunami 20 meter di pesisir Jawa muncul belakangan ini tentu meresahkan masyarakat. Karena bagaimana pun, gempa selama ini hanya bisa diprediksi besaran dan dampaknya, belum bisa diperkirakan kapan waktu akan terjadinya....
  • HOT !
    Banyaknya negara di seluruh dunia, mungkin menjadi salah satu faktor kita tidak menyadari keberadaan satu sama lain. Bahkan fakta bahwa ternyata terdapat beberapa negara di dunia yang sudah dihapus dari peta dunia....
  • HOT !
    Pertemuan antara Joko Widodo sang presiden terpilih dan rivalnya di kontestasi Pilpres 2019 lalu membekas di ingatan. Pertemuan tanpa aba aba itu terjadi di Stasiun MRT Lebak Bulus hingga Senayan dan berakhir dengan makan manis di salah satu mall di Jaksel....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : IkaaWulandari
Cast : Reina Lee (OC), EXO, Kim Myung Soo (Infinite), Jonghyun (CNBlue), Heechul (Super Junior), Kpop Idol

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)