home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Gempa 6.3 SR Papua yang Sempat Buat Warga Panik Keluar Rumah

Kamis, 20 Juni 2019 11:10 by reinasoebisono | 814 hits
Gempa 6.3 SR Papua yang Sempat Buat Warga Panik Keluar Rumah
Image source: Kompas

DREAMERS.ID - Kamis dini hari sekitar pukul 00.24 WIT, terjadi gempa yang mengguncang Papua di tanggal 19 Juni 2019. Dilaporkan gempa terasa cukup kencang hingga membuat warga panik dan berhamburan keluar rumah.

Gempat tersebut dilaporkan laman Kompas berkekuatan 6.3 Skala Richter dan terjadi di Kabupaten Sarmi, Papua dengan guncangan keras dirasakan warga karena kedalaman pusat gempa yang cukup dangkal, yaitu hanya 11 kilometer.

"Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi ini memiliki kekuatan magnitudo 6,3 yang selanjutnya dimutakhirkan menjadi Mw=6,2. Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 2,23 LS dan 138,53 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 45 km arah barat daya Kota Sarmi," ujar Kasubbid Pengumpulan dan Penyebaran BBMKG V Jayapura, Dedy, di Kota Jayapura.

"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi di wilayah Kabupaten Sarmi ini merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sistem sesar Mamberamo, tepatnya di sebelah timur Laut Sarmi," terangnya.

Baca juga: Aceh Diguncang Gempa Cukup Besar 6.4 SR, Diminta Waspada Gempa Susulan

Gempa susulan dilaporkan sempat terjadi di pukul 00.49 WIT dengan kekuatan 4.9 SR. Alasna lain warga panik berlarian keluar rumah adalah karena guncangan yang dirasakan lebih besar dibandingkan gempa-gempa sebelumnya.

"Hingga saat ini belum ada laporan masyarakat terkait dampak akibat gempa di Wilayah Kabupaten Sarmi," kata Kapolres Sarmi, AKBP Paul Ishak.

Paul mengatakan kini seluruh anggota jajaran Polres Sarmi yang tersebar di 10 distrik sedang melakukan patroli guna memastikan dampak dari gempa tersebut.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Gunung Sinabung yang berada di Kabupaten Karo, Sumatera Utara kembali erupsi pada Senin (10/8) pagi. Erupsi ini dilaporkan membuat seluruh kota Berastagi gelap karena abu vulkanik pekat yang dimuntahkannya....
  • HOT !
    Tepat pada 6 Agustus 1945, atau 75 tahun yang lalu Amerika Serikat menjatuhkan bom nuklir di kota Hiroshima, Jepang. Tiga hari kemudian, pada 9 Agustus Amerika kembali menjatuhkan bom nuklir di Nagasaki....
  • HOT !
    I Gede Ari Astina atau yang lebih dikenal dengan Jerinx SID dilaporkan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Bali karena postingan di media sosial yang menyebut IDI sebagai kacung WHO (World Helath Organization)....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : indeenski
Cast : Baekhyun, Chanyeol, Irene

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)