SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Fakta Menarik Baru Soal Kepindahan Ibu Kota Ke Kalimantan, Hampir Pasti!

Selasa, 18 Juni 2019 10:39 by reinasoebisono | 485 hits
Fakta Menarik Baru Soal Kepindahan Ibu Kota Ke Kalimantan, Hampir Pasti!
Image source: Setkab.go.id

DREAMERS.ID - Topik pindahnya ibu kota Indonesia dari Jakarta ke daerah di Pulau Kalimantan telah lama bergulir. Dan kini calon lokasi ibu kota baru tersebut perlahan mulai memperlihatkan titik terang dari rapat kerja yang digelar Komisi XI.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro buka suara soal paparan strategi pembiayaan meski belum menyebutkan secara rinci lokasi ibu kota baru tersebut. Ia mengatakan jika pemindahan tersebut seminimal mungkin tak menggunakan anggaran negara.

Melansir Detik, Bambang turut menyebut jika ibu kota Indonesia hampir pasti pindah ke Pulau Kalimantan dan secara konseptual akan mengurangi beban Pulau Jawa. Karena ternyata 58% perekonomian nasional disumbang oleh Pulau Jawa. Pun penduduk Indonesia sebanyak 57% juga berada di Pulau Jawa.

"Dan pemindahannya (ibu kota) hampir pasti ke Pulau Kalimantan, tinggal penentuan lokasi," katanya. "Utamanya adalah secara konseptual kita ingin mengurangi beban Pulau Jawa," 

"Kita juga melihat pengalaman negara lain dengan memindahkan pusat pemerintah, maka ada pembagian beban, meskipun tidak menjadi pengganti Jakarta. Tapi, paling tidak ada kegiatan ekonomi yang muncul sekitaran ibu kota tersebut," ujarnya.

Yang menarik adalah soal pembiayaan karena pemerintah mendorong pembiayaan alternatif untuk memindahkan ibu kota sehingga tak bergantung pada APBN. Hal ini juga telah ditegaskan oleh Presiden Jokowi beserta kajiannya dua tahun lalu.

"Tidak ada hubungannya rencana pemindahan ibu kota ini dengan masalah anggaran yang dibahas di pembicaraan penduluan ini. Karena anggarannya itu mungkin baru akan mulai dibutuhkan dalam jumlah signifikan di 2021," jelasnya.

"Alternatif financing yang akan didorong keterlibatan swasta, BUMN sebagai investor, kerjasama pemerintah badan usaha, dan kerja sama pemanfaatan aset. Empat kombinasi yang diharapkan bisa meminimalisir APBN," tambahnya.

Bambang melanjutkan, anggaran pemerintah hanya untuk membangun infrastruktur dasar serta beberapa gedung pemerintahan seperti Istana, DPR, dan gedung lembaga tinggi. 

"Dan pemindahannya hampir pasti ke Pulau Kalimantan, tinggal penentuan lokasi," ujarnya. "(Tapi fix Kalimantan?) Iya iya,"

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Potensi gempa 8.8 skala richter dan tsunami 20 meter di pesisir Jawa muncul belakangan ini tentu meresahkan masyarakat. Karena bagaimana pun, gempa selama ini hanya bisa diprediksi besaran dan dampaknya, belum bisa diperkirakan kapan waktu akan terjadinya....
  • HOT !
    Banyaknya negara di seluruh dunia, mungkin menjadi salah satu faktor kita tidak menyadari keberadaan satu sama lain. Bahkan fakta bahwa ternyata terdapat beberapa negara di dunia yang sudah dihapus dari peta dunia....
  • HOT !
    Pertemuan antara Joko Widodo sang presiden terpilih dan rivalnya di kontestasi Pilpres 2019 lalu membekas di ingatan. Pertemuan tanpa aba aba itu terjadi di Stasiun MRT Lebak Bulus hingga Senayan dan berakhir dengan makan manis di salah satu mall di Jaksel....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : IkaaWulandari
Cast : Reina Lee (OC), EXO, Kim Myung Soo (Infinite), Jonghyun (CNBlue), Heechul (Super Junior), Kpop Idol

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)