home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Mengapa LRT Tak Kunjung Beroperasi Walau Sudah Uji Coba Tiga Kali?

Jumat, 14 Juni 2019 10:23 by reinasoebisono | 730 hits
Mengapa LRT Tak Kunjung Beroperasi Walau Sudah Uji Coba Tiga Kali?
Image source: Medcom

DREAMERS.ID - Lintas Rel Terpadu (LRT) Jakarta telah tiga kali menjalankan uji coba. Namun kereta yang menghubungkan Rawamangun-Kelapa Gading itu tak kunjung juga dioperasikan secara komersial meski belum lama ini diuji coba untuk publik secara gratis.

Melansir laman Medcom, uji coba LRT yang pertama kali dilakukan pada awal Agustus 2018 sebelum perhelatan akbar Asian Games 2018 berlangsung. Sementara itu uji coba kedua dilaksanakan pada 4-17 dan 25 Maret 2019 setelah rekomendasi dari Kementerian Perhubungan keluar.

"Kalau kita bicara uji coba publik pertama dan kedua memang ada yang berbeda. Pertama itu bagaimana kesiapan karena waktu itu mau dioperasikan menjelang Asian Games," kata pelaksana tugas (plt) Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Sigit Widjatmoko di Monas, Jakarta Pusat, Kamis (13/6).

Baca juga: Siap-Siap! LRT Akan Beroperasi Akhir Oktober Tahun Ini

"Ketiga, ini ada tambahan karena fungsi depo LRT sudah beroperasi," kata Sigit.

Yang membedakan uji coba ketiga ini dari sebelumnya adalah kereta akan melaju hingga depo di Pegangsaan, Jakarta Utara. Para petugas LRT pun diklaim lebih siap dan adanya penilaian keselamatan. Namun Sigit tak mau mengumbar janji terkait operasi komersial, ia hanya berharap semua selesai lebih cepat.

"Karena akan berbeda pola operasinya antara berangkat dari depo dengan berangkat dari stasiun. Waktu tunggunya bisa diatur, sekarang sudah berfungsi layaknya sebuah operasi komersial, itu yang kita kerjakan sekarang," terang Sigit. "Ini dalam proses dan kalau bisa lebih cepat kita operasikan," 

(rei)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)