SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Alasan Mengapa Sistem One Way Tak Cocok untuk Arus Balik Lebaran

Kamis, 13 Juni 2019 10:13 by reinasoebisono | 836 hits
Alasan Mengapa Sistem One Way Tak Cocok untuk Arus Balik Lebaran
Image source: Kompas

DREAMERS.ID - Sempat viral komentar masyarakat yang melakukan mudik Lebaran 2019 kemarin karena merasa perjalanan mereka melewati tol Cipali hingga Trans Jawa sangat cepat dan tak disangka-sangka. Ada yang sampai Madiun hanya 9-10 jam saja dan banyak lagi yang berkomentar sistem one way sangat ampuh di masa arus mudik.

Namun Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Bambang Prihartono menyebutkan ske one way ternyata tak berjalan mulus pada arus balik. Evaluasi itu didapati setelah terjadi kemacetan parah di pintu tol Cikampek dan pintu tol Cikarang Utama.

Kemacetan itu diduga terjadi karena desain pintu tol Cikampek dan Cikarang Utama yang berbentuk corong sehingga terjadi kepadatan menumpuk di ujungnya atau yang biasa disebut bottle neck. Karena itu BPTJ sempat menerapkan sistem contra flow untuk arus balik.

Baca juga: Belum Tentu Akhir Tahun, Cuti Lebaran Akan Dirapel Bersama Libur Idul Adha?

"Untuk kendaraan ke arah timur lancar, karena dari jalan sempit ke jalan lebar. Tapi, jalur sebaliknya malah stuck," kata Bambang. "Untuk arus balik sebaiknya dilakukan kanalisasi terlebih dahulu dan lebih bijaksana apabila diberlakukan skema contra flow,"

Dan seperti yang disebutkan sebelumnya, hasil evaluasi untuk penerapan skema one way di arus mudik Lebaran 2019 diklaim sukses dan mampu mengurai kemacetan puncak arus mudik, melansir laman Viva.

"Arus mudik kemarin kita sangat sukses dan lancar bahkan di luar prediksi orang orang. Jadi one way sukses untuk arus mudik tapi arus baliknya harus dirubah strateginya tidak one way. Bahkan kalau bisa contra flow saja," ungkap Bambang.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Ferdian Paleka sempat dipenjara karena membuat prank bagi bagi sembako yang ternyata berisi sampah kepada transpuan di kawasan Bandung....
  • HOT !
    Sempat dihimbau untuk tidak melaksanakan solat berjamaah, kini aktivitas di masjid mendapatkan protokol baru yang dikeluarkan via surat edaran oleh Pimpinan Pusat Dewan Masjid Indonesia (DMI). Seperti apa?...
  • HOT !
    Selama masa PSBB atau Pembatasan Sosial Berskala Besar, ojek online tidak diperbolehkan mengangkut penumpang. Apabila nantinya di era new normal mendapat izin membawa penumpang maka mereka sudah memiliki prosedurnya sendiri....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : indiraptrf
Cast : Catherine(oc), Kim Woojoong, Park Chanyeol, Park Jiyeon.

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)