SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Hal Ini yang Membuat PNS Masih Jadi Profesi Impian Milenial, Kamu Salah Satunya?

Rabu, 12 Juni 2019 16:16 by reinasoebisono | 509 hits
Hal Ini yang Membuat PNS Masih Jadi Profesi Impian Milenial, Kamu Salah Satunya?
Image source: Riau Pos

DREAMERS.ID - Kabar dibukanya kembali pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil atau CPNS di tahun ini mencuat ke publik. Bahkan selain CPNS, pemerintah juga akan membuka pendaftaran Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Melihat dari tahun lalu, melansir Liputan6, banyak usia milenial yang mendaftar CPNS yang sekaligus menjadi bukti jika PNS menjadi profesi idaman generasi milenial di tengah majunya teknologi dan pekerjaan di sector swasta yang makin meluas.

Ada pula berbagai alasan mengapa kaum milenial masih banyak yang ingin menjadi PNS, salah satunya datang dari pendapatan. Namun hal ini juga sekaligus menjadi tantangan pemerintah untuk memberikan harapan bagi para generasi muda tersebut.

Dia berpendapat, generasi milenial ini adalah sumber daya manusia (SDM) yang inovatif dan dinamis. Sementara di sisi lain, PNS adalah pekerjaan yang bersifat birokrat yang memiliki berbagai keterbatasan.

"Nah, pemerintah bisa tidak mewadahi mereka ini yang bisa dibilang punya ambisi tinggi. Kalau tidak, bisa jadi nanti mereka ini keluar lagi dari PNS untuk kerja lagi di swasta, bahkan bikin usaha sendiri terkait profesinya," ujarnya.

Tapi bagaimana pun, dengan masuknya generasi milenial sebagai PNS, diharapkan adanya peningkatan profeisonalitas dan kualitas kinerja PNS ke depannya. "Positifnya, ya semoga ini menjadi satu langkah agar kinerja Aparatur Sipil Negara ini bisa lebih baik," pungkasnya.

Sementara itu pemerintah akan kembali membuka proses perekrutan CPNS dan PPPK Tahap II dengan total formasi 254.173 pada tahun ini. Dan diprediksi khusus untuk penerimaan CPNS 2019 nanti total pelamar yang mendaftar mencapai 5 juta orang.

"Jumlah ini adalah plafon atas. Kebutuhan pegawai riil diinput oleh masing-masing instansi ke sistem eFormasi milik Kementerian PANRB (Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi)," jelas Kepala Biro Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN) Mohammad Ridwan.

"Detail kapan, bagaimana, berapa, di mana, belum bisa diinformasikan saat ini. Panselnas (Panitia Seleksi Nasional) masih melakukan rapat-rapat persiapan terkait hal itu," lanjutnya.

(rei)

  • HOT !
    Ibu Kota DKI Jakarta akan berulang tahun yang ke 492 dan diyakini akan memiliki wajah baru. Hal ini terlihat dari logo HUT DKI Jakarta yang menyematkan ‘Wajah Baru Jakarta’ yang berarti banyaknya perubahan yang terjadi dan semakin mencerminkan Ibu Kota Indonesia....
  • HOT !
    Sistem Informasi Penghitungan Suara atau Situng Komsi Pemilihan Umum (KPU) adalah salah satu yang dipermasalahkan oleh kubu 02 Prabowo Sandi sehingga menggugat hasil perolehan suara di Pilpres 2019....
  • HOT !
    Suhu udara di dataran tinggi Dieng, Jawa Tengah kembali mencapai titik minus. Pagi ini suhu udara mencapai satu derajat celcius hingga merubah Dieng menjadi wilayah bersalju....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : NWicahya
Cast : Marsha Cahya (OC), D O EXO , Lu Han, Jungshin CN Blue, Kim Wobin.

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)