SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Sultan Brunei Kembalikan Gelar Kehormatan Universitas Oxford, Terkait Isu LGBT?

Jumat, 24 Mei 2019 14:42 by reinasoebisono | 795 hits
Sultan Brunei Kembalikan Gelar Kehormatan Universitas Oxford, Terkait Isu LGBT?
Image source: Kompas

DREAMERS.ID - Sultan Brunei Darussalam, Hassanal Bolkiah dilaporkan mengembalikan gelar kehormatan dari universitas terkenal dunia, yaitu Universitas Oxford. Alasannya pun diduga terkait isu sensitif yang tengah diatur cukup keras di Brunei.

Melansir Liputan6, Sultan Brunei mengembalikan gelar kehormatan dari Oxford karena kampus tersebut mengangkat isu kekhawatiran tentang undang-undang anti-LGBT baru yang keras di Brunei. Diketahui, Oxford tengah meninjau ulang keputusannya memberi sang sultan gelar kehormatan.

Di saat itulah Sultan Bolkiah memutuskan untuk memulangkan gelar kehormatan di bidang hukum pada 6 Mei. Ditambah, lebih dari 118.500 orang menandatangani petisi yang menyerukan Oxford untuk membatalkan gelar hukum kehormatan kepada Sultan Bolkiah yang diebrikan tahun 1993 itu.

Sebagai informasi, April lalu Brunei memperkenalkan aturan untuk menghukum siapa pun yang melakukan hubungan seks homoseksual dan perzinahan dengan hukuman rajam sampai mati. Namun akhirnya Brunei menunda penerapan tersebut karena memicu protes global, boikot dan kecaman dari sejumlah selebritas.

"Universitas Oxford sekarang memiliki kesempatan untuk menebus dirinya sendiri dan bergerak melewati keterikatan dengan pelanggaran HAM berat. Saya pikir yang terbaik adalah pihak kampus harus melakukan tinjauan menyeluruh terhadap sistem gelar kehormatan mereka, untuk memastikan skandal seperti ini tidak terjadi lagi," papar Anggota parlemen Oxford, Layla Moran.

Sultan Brunei memang telah memutuskan untuk mengadopsi aturan keras terhadap hukum Islam atau dikenal sebagai hukum Syariah. Dalam kesempatan pidatonya, Sultan Bolkiah mengatakan meski akan ada moratorium hukuman mati, kelayakan undang-undang baru itu pada akhirnya akan menjadi jelas.

Homoseksualitas adalah ilegal di Brunei dan dapat dihukum hingga 10 tahun penjara. Sementara penerapan peraturan hukuman mati bagi homoseksualitas itu dikecam oleh PBB hingga mendorong selebritas untuk memboikot hotel-hotel milik Sultan. Beberapa perusahaan multinasional pun sejak itu melarang stafnya menggunakan hotel milik Sultan.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Kabar perceraian dua pasangan selebriti Korea Selatan, Song Joong Ki Song Hye Kyo dan Ahn Jae Hyun Goo Hye Sun masih menjadi pemberitaan dengan beberapa drama yang terjadi di antaranya. Dan ternyata, dua kasus perceraian itu adalah sedikit dari banyaknya kasus perceraian di Korea Selatan....
  • HOT !
    Pemerintah telah memilih Provinsi Kalimantan Timur dan dua daerahnya sebagai lokasi untuk ibu kota negara baru nantinya. Namun, fenomena kebakaran hutan tengah melanda Kalimantan dan Sumatera hingga menjadi darurat bencana....
  • HOT !
    Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang terjadi di Riau dan Kalimantan telah jadi isu panas dan dinyatakan kondisi darurat karena hingga kini belum berhasil dipadamkan. Ditambah, musim panas yang masih belum berakhir menbuat sebaran api melebar....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : arsyaden
Cast : Arsy, Vian, Lee Dong Wook, dkk

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)