home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Duh, Angka Pengangguran Sarjana Universitas Meningkat! Apa Sebabnya?

Jumat, 17 Mei 2019 13:54 by reinasoebisono | 5112 hits
Duh, Angka Pengangguran Sarjana Universitas Meningkat! Apa Sebabnya?
Image source: Kompas

DREAMERS.ID - Generasi muda Indonesia diharapkan memiliki masa depan cemerlang tak hanya berhenti di bangku pendidikan namun di kelangsungan hidupnya kemudian. Bisa ditandai dengan jenjang atau berhasilnya memiliki karir.

Badan Pusat Statistik atau BPS pun belum lama ini merilis kondisi ketenagakerjaan Indonesia per Februari 2019. Data menunjukkan jika angka pengangguran memang menurun menjadi 5.01 persen. Atau bisa dibilang berkurang 50 ribu orang selama satu tahun terakhir.

Sehingga total tingkat pengangguran terbuka (TPT) per Februari 2019 berjumlah 6.82 juta orang. “Ada tren penurunan tingkat pengangguran terbuka sejak Februari 2016,” kata Kepala BPS Suhariyanto di Jakarta, Senin (6/5).

Baca juga: Pulau Jeju Jadi Wilayah Paling Banyak Pengangguran di Korsel Akibat Pandemi Corona

Sayangnya, meski secara keseluruhan angka pengangguran menurun, namun jika dilihat dari tingkat pendidikannya, lulusan diploma dan universitas makin banyak yang tidak bekerja. Ada beberapa faktor yang dinilai menyebabkan peningkatan pengangguran terdidik tersebut.

Dari data yang drilis BPS melansir laman Katadata, salah satu penyebabnya adalah pendidikan rendah cenderung lebih menerima pekerjaan apa pun, berbeda dengan mereka yang pendidikannya lebih tinggi. Sehingga lulusan sarjana lebih memilih untuk menunda bekerja sampai mendapat pekerjaan yang sesuai.

Dari sisi internal pun, ada juga alasan ekspektasi penghasilan dan status yang lebih tinggi dari mereka yang memiliki riwayat pendidikan lebih tinggi. Ditambah penyediaan lapangan kerja yang terbatas juga jadi faktor meningkatnya pengangguran dari kelompok lulusan universitas.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Pihak kepolisian mengerahkan anjing pelacak K9 untuk melacak jejak pelaku pembunuhan editor Metro TV, Yodi Prabowo, di pinggir jalan Tol JORR, Ulujami, Pesanggrahan, Jakarta Selatan. Dengan dilakukannya dua kali pelacakan, anjing K9 itu berhenti di satu tempat....
  • HOT !
    Gabungan Pengelola Bioskop Seluruh Indonesia (GPBSI) akan kembali membuka operasional bioskop secara serentak di Indonesia. GPBSI mewakili para pengusaha bioskop terdiri atas Conema XXI, CGV, Cinepolis, Dakota Cinema, Platinum dan New Star Cineplex....
  • HOT !
    Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok dan yang kini lebih ingin akrab disapa BTP buka bukaan soal proses perceraiannya dengan mantan istri, Veronica Tan yang ia sayangkan namun sudah dipersiapkan memang akan mendapat banyak tudingan miring dari orang banyak....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : deliaangela
Cast : Im Hyuna, Cho Kyuhyun, Lee Sungmin, Shim Changmin dan member Super Junior

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)