home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Remaja Bunuh Diri Setelah Buat Polling di Instagram, Potret Mirisnya Kesehatan Mental Milenial?

Rabu, 15 Mei 2019 17:23 by reinasoebisono | 1342 hits
Remaja Bunuh Diri Setelah Buat Polling di Instagram, Potret Mirisnya Kesehatan Mental Milenial?
Image source: CNN Indonesia

DREAMERS.ID - Aktivitas di media sosial bisa berimbas terlalu buruk pada seseorang, baik secara psikis bahkan secara fisik. Fitur-fitur di dalamnya memang sebaiknya dipergunakan untuk hal yang baik dan jauh dari hal negatif.

Karena efek masif dari media sosial terpancar memilukan dari kasus bunuh dirinya seorang remaja perempuan Malaysia yang dilaporkan menghabisi nyawanya setelah menggelar polling di akun Instagramnya untuk memilih tetap bertahan atau mendukungnya mengakhiri hidup.

Pihak kepolisian mengatakan remaja berusia 16 tahun itu membuat sebuah polling dengan pesan ‘Sangat penting. Bantu Aku Memilih Mati atau Hidup’. Mirisnya, sebagian besar responden mendukung remaja yang identitasnya dirahasiakan itu untuk bunuh diri.

Seorang pengacara sekaligus anggota parlemen negara barat laut Penang, Ramkarpal Singh pun membuka kemungkinan jika setiap orang yang ikut serta dalam polling dan memilih ‘mati’ itu turut bertanggungjawab atas kematian remaja tersebut.

"Apakah gadis itu masih hidup hari ini jika mayoritas pengguna Instagram mencegahnya bunuh diri? Apakah dia akan mengindahkan saran dari netizen untuk mencari bantuan profesional seandainya netizen meminta dia?" kata Singh seperti dikutip Guardian via CNN, Rabu (15/5).

"Apakah dorongan netizen itu benar-benar mempengaruhi keputusannya untuk bunuh diri? Karena percobaan bunuh diri adalah pelanggaran negara ini, maka tindakan mendorong orang untuk bunuh diri juga bisa termasuk (pelanggaran)," paparnya menambahkan.

Baca juga: Kematian Lee Sun Kyun Angkat Kembali Isu Krisis Bunuh Diri di Korea Selatan?

Syed juga menyoroti perlunya menggelar diskusi tingkat nasional tentang kesehatan mental terutama generasi muda di Negeri Jiran itu. Hingga kini Instagram belum memberi tanggapan atas kematian remaja tersebut.

"Saya benar-benar khawatir tentang keadaan kesehatan mental generasi muda kita. Ini masalah nasional yang harus ditanggapi serius." katanya.

Selain fokus di masalah terorisme, platform media sosial seperti Facebook, Twitter mau pun Instagram berpotensi disalahgunakan untuk bullying dan hal lain yang dapat membahayakan penggunanya.

Februari lalu, Instagram mengumumkan jika pihaknya akan merilis fitus ‘tampilan sensitif’ untuk memblokir gambar yang berpotensi membahayakan pengguna. Menyusul kematian seorang remaja Inggris, Molly Russel (14) yang tewas bunuh diri pada 2017 lalu.

Kedua orang tua Russel percaya anaknya itu bunuh diri setelah melihat sejumlah foto di media sosial yang menunjukkan cara bunuh diri dan melukai diri sendiri. Permasalahan depresi pun jangan dianggap enteng.

Jika merasa memiliki atau merasakan krisis emosional, tendensi bunuh diri atau mengenal orang-orang yang tengah dalam kondisi tersebut, disarankan menghubungi pihak yang bisa membantu atau lembaga konseling.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)