home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Deretan Inovasi Jepang di Kereta Peluru Tercepat Dunia, Uji Cobanya Tiga Tahun!

Senin, 13 Mei 2019 12:45 by reinasoebisono | 719 hits
Deretan Inovasi Jepang di Kereta Peluru Tercepat Dunia, Uji Cobanya Tiga Tahun!
Image source: Tech Explorist

DREAMERS.ID - Selama ini Jepang dikenal dengan inovasi teknologinya yang menakjubkan. Terkenal dengan kereta cepat andalannya yaitu Shinkansen, kini Negeri Sakura itu tengah memperkenalkan kereta tercepat di dunia dan sedang dilakukan uji coba.

Kereta peluru tercepat ini dinamakan ALFA-X yang diklaim mampu melaju secepat 400 kilometer per jam. ALFA-X sendiri dijadwalkan masuk ke layanan dengan perusahaan kereta api Jepang JR East pada 2030 mendatang.


Image source: BNN Bloomberg

Masih lama memang, namun kereta ini menarik perhatian dengan desainnya yang paling menonjol dibanding kereta super cepat lain, yaitu moncongnya yang ramping. Berukuran 22 meter dan dirancang agar bisa melintas terowongan meski ada angin kencang.

Kereta futuristik ini juga digadang akan jadi tonggak pertumbuhan jaringan kereta cepat Shinkansen di Jepang dengan memulai uji coba pertamanya pada Jumat (10/5) lalu dengan rute Aomori-Sendai di malam hari. Tak tanggung-tanggung, uji coba tersebut rencananya akan dilakukan selama 3 tahun!


Image source: The Telegraph

Baca juga: Update 48 Orang Tewas Akibat Gempa Potensi Tsunami Jeoang, Bagaimana Nasib WNI Di Sana?

Bekerja cepat, sebenarnya Jepang sendiri tahun lalu telah melakukan uji coba kereta Shinkansen terbarunya yang bernama N700S yang akan beroperasi 2020 mendatang. Namun kecepatan maksimal N700S hanya mencapai 300 km/jam saja.

Jadwal uji coba ALFA-X ini bertepatan dengan persiapan Jepang dalam menyelenggarakan Olimpiade Musim Panas 2020 di Tokyo. Debut kereta peluru ini sama seperti event Olimpiade Tokyo 1964, yang kemudian menjadi simbol negara Sakura yang berfokus pada efisiensi dan realibilitas.

Sementara itu peringkat puncak kereta dalam urusan kecepatan hingga kini masih diduduki oleh Magnetic Levitation atau kereta Maglev di mana Shanghai yang menjadi kota pertama yang mengoperasikannya. Walau kecepatannya hanya menyentuh angka 268 km/jam, kereta ini bisa menempuh jarak 19 mil dalam waktu 7 menit.

Karenaitu, kehadiran ALFA-X diharapkan jadi babak baru bagi transportasi kereta cepat di Jepang dan di seluruh dunia.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)