home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Potret Hangat Sidang Perdana PBB Dipimpin Indonesia, Anggota Dewan Kompak Pakai Batik

Rabu, 08 Mei 2019 14:15 by muthiasp | 895 hits
Potret Hangat Sidang Perdana PBB Dipimpin Indonesia, Anggota Dewan Kompak Pakai Batik
Image source: VOA Indonesia

DREAMERS.ID - Persatuan Bangsa Bangsa (PBB) menggelar pertemuan debat terbuka di Markas Besar Dewan Keamanan PBB, New York, pada Selasa (7/5) waktu setempat. Untuk pertama kalinya, Indonesia menjadi negara yang memimpin sidang terbuka tersebut.

Berbeda dari sidang-sidang biasanya, sidang yang dipimpin oleh Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi terasa lebih hangat dan santai karena diwarnai oleh ‘diplomasi batik’. Pasalnya, beberapa perwakilan delegasi yang hadir kompak mengenakan pakaian tradisional Indonesia itu.

Perwakilan delegasi dari Amerika, Jerman, Perancis, Cina, Peru, Pantai Gading, dan Republik Dominika kompak mengenakan baju batik dengan warna coklatnya yang khas. Kemudian Sekjen PBB Antonio Guterres terlihat memakai kemeja tenun torso.

Baca juga: Pidato dan Penampilan Berkesan BTS di Sidang Umum PBB Sebagai Utusan Khusus Presiden

Menteri Retno pun mengutarakan kebahagiaannya atas suasana sidang yang lebih berwarna, “Sangat menyenangkan bahwa dalam sidang hari ini cantik dan colorful, karena sebagian besar anggota Dewan Keamanan PBB mengenakan batik, termasuk Sekjen PBB yang mengenakan tenun dari Bali,” ujarnya, mengutip merdeka.

Dilansir dari laman VOA Indonesia, pemilihan batik sebagai dress code sidang merupakan bentuk penghormatan anggota Dewan Keamanan PBB bagi Indonesia yang memegang presidensi Dewan Keamanan PBB untuk bulan Mei 2019. Batik-batik yang dikenakan delegasi bahkan merupakan koleksi pribadi.

(mth)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)