home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Cerdas nan Unik, Anak SD di Cina Buka Usaha Jastip Camilan Pakai Sistem Member

Selasa, 30 April 2019 18:15 by Fikriah | 1219 hits
Cerdas nan Unik, Anak SD di Cina Buka Usaha Jastip Camilan Pakai Sistem Member
Image source : detik

DREAMERS.ID - Siapa yang tidak mengenal usaha jasa titip atau jastip? Usaha yang tengah menjamur ini ternyata bukan hanya dilakukan oleh orang dewasa saja loh. Anak-anak di China juga ikut melakukan usaha ini, namun bukan produk barang mewah yang mereka tawarkan untuk jastip, melainkan sebuah makanan.

Anak-anak tersebut merupakan murid di wilayah Dalian, Provinsi Liaoning, China, yang membuka jastip kepada teman-temannya yang lain, untuk membeli makanan ringan di toko hingga warung. Hal ini mereka lakukan demi mendapatkan uang jajan tambahan.


Image Source : detik.com

Dilansir dari laman detik seperti yang diberitakan Global Times (28/04), hal itu berawal dari salah satu orang tua yang menemukan beberapa bungkus camilan di tas sekolah anaknya. Saat ia bertanya dari mana cemilan itu berasa, putranya yang merupakan siswa SD tersebut, mengatakan bahwa teman-temannya yang membelikan.

Siswa SD yang bernama Xiaogang kemudian menjelaskan bahwa temannya yang membuka usaha jastip ini memiliki sistem keanggotaan. Usaha jastip camilan dilakukan juga karena banyaknya orang tua yang melarang anak-anak mereka untuk jajan membeli camilan makanan dari toko kecil dan warung.


Image Source : detik.com

Melihat hal itu, beberapa anak-anak menjadikannya sebagai peluang usaha untuk mendapat uang jajan tambahan. Hingga akhirnya muncul lah usaha jasa titip yang unik ini. Sistemnya, pemesan harus lebih dahulu memberikan uang sejumlah camilan yang diinginkan untuk dibelikan keesokan harinya.

Usaha ini dijalankan dengan memiliki daftar 20 jenis makanan. Beberapa anak bahkan mengembangkan sistem keanggotaan dengan memberikan potongan harga bagi pelanggan spesial. Tak jarang, ada beberapa siswa yang juga menjadi pemegang saham atau pemilik modal pertama.

Meski begitu, banyak orang tua yang mengaku khawatir dengan hal ini, karena melihat anak-anak mereka masih terlalu muda memasuki dunia perdagangan. Sementara salah satu guru sekolah dasar di China, Liu Jing mengungkapkan bahwa usaha jastip tersebut adalah hal yang bagus.

(fnj)

Komentar
  • HOT !
    Korea Selatan tengah menghadapi gelombang kedua pandemi COVID 19 atau corona. Berdasarkan pihak berwenang setempat, krisis yang dihadapi lebih besar sekarang daripada pada awal Mei karena penyebaran diam diam secara bersamaan di wilayah metropolitan Seoul....
  • HOT !
    Otoritas kesehatan masyarakat Korea mengatakan pada hari Senin (10/8) bahwa mereka telah menemukan tiga urutan genom baru yang bermutasi dari virus corona di antara kasus kasus impor di negaranya....
  • HOT !
    Pasha ‘Ungu’ alias Sigit Purnomo kini menjabat sebagai Wakil Wali Kota Palu. Belakangan saat menjalani tugas sebagai wakil rakyat, Pasha ditegur oleh Mendagri Tito Karnavian. Alasannya karena gaya rambut Pasha yang nyentrik di cat pirang....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)