SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Tercatat 91 Pahlawan Pemilu Meninggal Dunia dan Ratusan Lain Sakit Pasca Bertugas

Senin, 22 April 2019 16:45 by Fikriah | 950 hits
Tercatat 91 Pahlawan Pemilu Meninggal Dunia dan Ratusan Lain Sakit Pasca Bertugas
Image source : cnnindonesia.com

DREAMERS.ID - Bukan hanya perbedaan pendapat soal jumlah suara yang masuk mendukung para calon, tetapi dampak pemilu serentak yang berlangsung pada 17 April lalu juga memunculkan kepiluan dan keprihatinan. Seperti jatuhnya korban dari para pahlawan pemilu yang membantu berlangsungnya pesta demokrasi terbesar di Indonesia ini.

Dilansir dari laman CNN Indonesia, kini tercatat ada 91 petugas KPPS yang bertugas dalam pesta demokrasi tersebut meninggal dunia, dan 374 orang lainnya mengalami sakit. Bawaslu juga merilis data 14 orang Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) meninggal dunia, sedangkan 222 orang lainnya mengalami sakit saat bertugas di Pemilu 2019.

Komisioner KPU Viryan Aziz mengungkapkan bahwa petugas yang meninggal dunia dan sakit, disebabkan karena kelelahan, serta sebagian lainnya mengalami kecelakaan, "Sedih sekali melihat teman-teman kami berguguran. Mereka pahlawan Pemilu Indonesia 2019," ujar Viryan.

Baca juga: BPN Sebut KPU Gelembungkan Jutaan Suara Pemilu, 'Waktu Rekap Kok Enggak Keberatan?'

Viryan berharap para petugas menjaga stamina karena proses rekapitulasi secara nasional masih berlangsung. Ia juga meminta Kementerian Kesehatan dari Pemda setempat di tingkat kecamatan dapat memberikan layanan kesehatan gratis bagi para petugas yang masih melakukan rekapitulasi.

Sebelumnya, KPU menggelar rapat terkait sejumlah petugas KPPS Pemilu 2019 di berbagai daerah yang meninggal dunia, baik saat pencoblosan maupun sesudahnya. KPU juga akan mengevaluasi hal tersebut termasuk pemberiaan santunan, karena petugas KPPS tidak mendapatkan asuransi.

(fnj)

Komentar
  • HOT !
    Jagat dunia maya terutama Twitter dihebohkan dengan foto foto dan video berdarah darah dari seorang wanita di Mal Pluit Village. Wanita bernama Asela (46) yang diketahui adalah manajer sebuah restoran itu ditusuk oleh seorang pegawai....
  • HOT !
    Bento atau makanan bekal khas Jepang yang biasanya terdiri dari beberapa lauk pauk dan nasi, biasanya ditempatkan di sebuah kotak makan bersekat yang memudahkan konsumen untuk memakan makanan yang ada didalamnya....
  • HOT !
    Pelat nomor berakhiran ‘RF’ nampaknya bukan hal asing di jalanan ibu kota. Namun yang perlu diketahui, nomor polisi tersebut hanya diperuntukkan untuk kalangan tertentu dan ternyata tidak bisa dipergunakan untuk sembarang orang....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : StrongBaby
Cast : -Amber Josephine Lu f(x) -Lee Seunghyun Bigbang -Lee Gikwang B2ST -Son Dongwoon B2ST -Lot Of Cameo

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)