SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Sering Jadi Perdebatan, Perhatikan Dulu Bedanya Quick Count, Real Count, dan Exit Poll

Kamis, 18 April 2019 18:15 by muthiasp | 1272 hits
Sering Jadi Perdebatan, Perhatikan Dulu Bedanya Quick Count, Real Count, dan Exit Poll
Image source: Liputan6

DREAMERS.ID - Dalam pemungutan suara atau pemilu, kita biasanya mendengar adanya beberapa metode yang dilakukan untuk menghitungnya. Tak jarang, hasil berbeda dari metode yang juga berbeda bisa menimbulkan perdebatan di kalangan pendukung pasangan calon.

Seperti perhitungan cepat atau quick count yang dilakukan oleh sejumlah lembaga. Lalu baru nanti hasil pastinya atau real count diumumkan oleh KPU selang beberapa waktu setelah hari pemilu. Belum lagi hasil perhitungan exit poll. Sebenarnya apa sih perbedaan dari ketiga istilah tersebut? Simak ulasannya berikut ini dilansir dari laman Okezone.

1. Quick Count

Quick Count atau hitung cepat adalah metode verifikasi hasil pemilu dengan menghitung persentase di sejumlah TPS yang dijadikan sampel secara langsung, di mana memberikan gambaran dan akurasi yang lebih tinggi. Hasil pemilu pun bisa diketahui lebih awal di hari yang sama. Peraturan terbaru Mahkamah Konstitusi (MK) hasil quick count boleh disiarkan mulai pukul 15.00 WIB.

Baca juga: Tercatat 91 Pahlawan Pemilu Meninggal Dunia dan Ratusan Lain Sakit Pasca Bertugas

2. Real Count

Sesuai dari artinya real count adalah perhitungan resmi yang dilakukan oleh KPU. Metode ini menghitung seluruh suara dari seluruh TPS di Indonesia. Biasanya akan membutuhkan waktu yang cukup lama, namun hasilnya sudah pasti akurat dan mutlak menentukan pemenang pemilu.

3. Exit Poll

Jika kedua istilah di atas adalah perhitungan, exit poll merupakan survei yang digelar di hari pemungutan suara. Survei dilakukan setelah pemilih meninggalkan TPS, yaitu dengan bertanya langsung kepada pemilih yang sudah nyoblos. Hasil yang didapatkan akan dipilah untuk menggambarkan populasi sampel. Waktu mendapatkannya lebih cepat namun hasilnya bisa jadi tidak akurat.

(mth)

  • HOT !
    Teka teki mobil ambulans dengan gambar Partai Gerindra yang disebut membagikan amplop kepada perusuh pada aksi massa 22 Mei 2019 lalu nampaknya mulai menemui titik terang. Sebuah video yang memperlihatkan aktivitas kerumunan orang di dekat ambulans viral di media sosial....
  • HOT !
    Sultan Brunei Darussalam, Hassanal Bolkiah dilaporkan mengembalikan gelar kehormatan dari universitas terkenal dunia, yaitu Universitas Oxford. Alasannya pun diduga terkait isu sensitif yang tengah diatur cukup keras di Brunei....
  • HOT !
    Sempat memilih untuk menutup mulut di kedatangannya ke Istana Kepresidenan Bogor untuk menemui Presiden Jokowi pada Rabu (22/5) pagi hari ini, Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY akhirnya memberikan jawaban terkait alasan kedatangan dan hasil pertemuannya....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : riyanidirgaajeng
Cast : siwon, yoora ,onew, luhan, kang minhyuk & All Artist SMEnt.

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)