SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Sering Jadi Perdebatan, Perhatikan Dulu Bedanya Quick Count, Real Count, dan Exit Poll

Kamis, 18 April 2019 18:15 by muthiasp | 1298 hits
Sering Jadi Perdebatan, Perhatikan Dulu Bedanya Quick Count, Real Count, dan Exit Poll
Image source: Liputan6

DREAMERS.ID - Dalam pemungutan suara atau pemilu, kita biasanya mendengar adanya beberapa metode yang dilakukan untuk menghitungnya. Tak jarang, hasil berbeda dari metode yang juga berbeda bisa menimbulkan perdebatan di kalangan pendukung pasangan calon.

Seperti perhitungan cepat atau quick count yang dilakukan oleh sejumlah lembaga. Lalu baru nanti hasil pastinya atau real count diumumkan oleh KPU selang beberapa waktu setelah hari pemilu. Belum lagi hasil perhitungan exit poll. Sebenarnya apa sih perbedaan dari ketiga istilah tersebut? Simak ulasannya berikut ini dilansir dari laman Okezone.

1. Quick Count

Quick Count atau hitung cepat adalah metode verifikasi hasil pemilu dengan menghitung persentase di sejumlah TPS yang dijadikan sampel secara langsung, di mana memberikan gambaran dan akurasi yang lebih tinggi. Hasil pemilu pun bisa diketahui lebih awal di hari yang sama. Peraturan terbaru Mahkamah Konstitusi (MK) hasil quick count boleh disiarkan mulai pukul 15.00 WIB.

Baca juga: Tercatat 91 Pahlawan Pemilu Meninggal Dunia dan Ratusan Lain Sakit Pasca Bertugas

2. Real Count

Sesuai dari artinya real count adalah perhitungan resmi yang dilakukan oleh KPU. Metode ini menghitung seluruh suara dari seluruh TPS di Indonesia. Biasanya akan membutuhkan waktu yang cukup lama, namun hasilnya sudah pasti akurat dan mutlak menentukan pemenang pemilu.

3. Exit Poll

Jika kedua istilah di atas adalah perhitungan, exit poll merupakan survei yang digelar di hari pemungutan suara. Survei dilakukan setelah pemilih meninggalkan TPS, yaitu dengan bertanya langsung kepada pemilih yang sudah nyoblos. Hasil yang didapatkan akan dipilah untuk menggambarkan populasi sampel. Waktu mendapatkannya lebih cepat namun hasilnya bisa jadi tidak akurat.

(mth)

Komentar
  • HOT !
    Jagat dunia maya terutama Twitter dihebohkan dengan foto foto dan video berdarah darah dari seorang wanita di Mal Pluit Village. Wanita bernama Asela (46) yang diketahui adalah manajer sebuah restoran itu ditusuk oleh seorang pegawai....
  • HOT !
    Bento atau makanan bekal khas Jepang yang biasanya terdiri dari beberapa lauk pauk dan nasi, biasanya ditempatkan di sebuah kotak makan bersekat yang memudahkan konsumen untuk memakan makanan yang ada didalamnya....
  • HOT !
    Pelat nomor berakhiran ‘RF’ nampaknya bukan hal asing di jalanan ibu kota. Namun yang perlu diketahui, nomor polisi tersebut hanya diperuntukkan untuk kalangan tertentu dan ternyata tidak bisa dipergunakan untuk sembarang orang....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : StrongBaby
Cast : -Amber Josephine Lu f(x) -Lee Seunghyun Bigbang -Lee Gikwang B2ST -Son Dongwoon B2ST -Lot Of Cameo

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)