SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Meski Banyak Kendala, Warga Jayapura Tetap Semangat Ikut Pemilu Susulan

Kamis, 18 April 2019 15:15 by Fikriah | 640 hits
Meski Banyak Kendala, Warga Jayapura Tetap Semangat Ikut Pemilu Susulan
Image source : kumparan

DREAMERS.ID - Proses pemungutan suara yang dilakukan di sejumlah daerah di Jayapura, Papua mengalami penundaan hingga hari ini (18/04). Hal itu rupanya tidak bisa dihindari lantaran adanya berbagai kendala, seperti teknis dalam pendistribusian logistik pemilu ke Papua. Terlebih kondisinya berbeda dengan Jakarta.

Pramono Ubaid Tanthowi, Komisioner KPU, mengatakan, "Pastilah di sana harus ada pengaturannya nanti, pengirimannya mau ke kecamatan harus pakai helikopter, kendala teknisnya banyak lah. Jangan dibayangkan di Papua itu kayak di Jakarta," ujar Pramono mengutip Kumparan, Kamis (18/04).

Pramono juga mengungkapkan bahwa distribusi logistik dari kabupaten ke kecamatan di Papua bahkan harus menggunakan helikopter, dan telah bekerjasama dengan pihak kepolisian terkait distribusi pemilu. Anggota Bawaslu RI Rahmat Bagja, menambahkan bahwa penundaan pemungutan suara di dua distrik di Kabupaten Jayapura disebabkan oleh kelalaian KPU dalam mempersiapkan logistik.

KPU juga menunda pemungutan suara di sembilan distrik kabupaten Yakume, karena hingga hari pencoblosan digelar logistik pemilu belum juga tiba di lokasi. Di samping itu, pemungutan surat suara di wilayah Asmat berpotensi ditunda karena adanya penerapan system noken atau pemilihan suara mengikuti kepala daerah.

Meski begitu, antusiame warga Jayapura tidaklah surut. Hal ini terbukti ketika hujan deras mengguyur Distrik Jayapura Selatan, masyarakatnya tetap mau datang ke TPS, "Meskipun hujan deras dan ini pencoblosan ulang tapi warga tetap mau datang ke TPS dan mencoblos," kata Ketua KPPS TPS 043 Kelurahan Argapura, Distrik Jayapura Selatan Matias Wiran, dilansir dari Antara, Kamis (18/4).

Matias Wiran juga mengatakan sejak TPS dibuka mulai pukul 07.00 WIT, sekitar 40 warga telah datang untuk mencoblos. Jumlah DPT di TPS 043 Kelurahan Argapura yakni 199 warga dan hingga 10.32, sekitar 40 warga telah melakukan pencoblosan.

Nurti Temenas, warga yang mencoblos di TPS 043 Kelurahan Argapura, mengatakan bahwa meskipun hujan deras dirinya tetap semangat untuk memenuhi hak pilihnya, "Walau hujan deras seperti ini, saya tetap bersemangat menggunakan hak pilih untuk memilih wakil rakyat dan pemimpin negara ini," katanya.

(fnj)

  • HOT !
    Teka teki mobil ambulans dengan gambar Partai Gerindra yang disebut membagikan amplop kepada perusuh pada aksi massa 22 Mei 2019 lalu nampaknya mulai menemui titik terang. Sebuah video yang memperlihatkan aktivitas kerumunan orang di dekat ambulans viral di media sosial....
  • HOT !
    Sultan Brunei Darussalam, Hassanal Bolkiah dilaporkan mengembalikan gelar kehormatan dari universitas terkenal dunia, yaitu Universitas Oxford. Alasannya pun diduga terkait isu sensitif yang tengah diatur cukup keras di Brunei....
  • HOT !
    Sempat memilih untuk menutup mulut di kedatangannya ke Istana Kepresidenan Bogor untuk menemui Presiden Jokowi pada Rabu (22/5) pagi hari ini, Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY akhirnya memberikan jawaban terkait alasan kedatangan dan hasil pertemuannya....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : riyanidirgaajeng
Cast : siwon, yoora ,onew, luhan, kang minhyuk & All Artist SMEnt.

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)