SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

KPU Himbau Kedua Kubu Paslon Jangan Saling Klaim Kemenangan Pilpres 2019: Harap Bersabar

Kamis, 18 April 2019 14:45 by Fikriah | 706 hits
KPU Himbau Kedua Kubu Paslon Jangan Saling Klaim Kemenangan Pilpres 2019: Harap Bersabar
Image source : kumparan

DREAMERS.ID - Maraknya hasil pemilu yang beredar pada berbagai survey quick count di media, serta klaim kemenangan yang dilayangkan kandidat capres dan cawapres dapat berpengaruh pada situasi kondusif dan kebenaran atau fakta hasil pemilu 2019.

Oleh karena itu, KPU mengimbau dan meminta kepada paslon capres dan cawapres untuk menahan diri tidak menyatakan kemenangan pilpres 2019. Pramono Ubaid Tanthowi, Komisioner KPU mengatakan deklarasi kemenangan sebaiknya dilakukan usai hasil perhitungan resmi diumumkan.

"Bersabar untuk mengikuti proses penghitungan suara oleh KPU. Kita berharap klaim-klaim kemenangan dilakukan setelah hasil resmi yang dikeluarkan oleh KPU bisa diselesaikan," jelas Pramono, Kamis (18/4) dilansir dari kumparan.com

Disamping itu, Pramono juga mengatakan untuk mentaati imbauan yang telah diberikan masing-masing capres. Begitu pula kepada pendukung agar menahan diri tidak melakukan protes yang berpotensi pada pelanggaran ketentuan.

Baca juga: BPN Sebut KPU Gelembungkan Jutaan Suara Pemilu, 'Waktu Rekap Kok Enggak Keberatan?'

"Dua kandidat dalam speechnya, dua-duanya sudah menyampaikan agar pendukung masing-masing agar menjaga ketenangan, ketertiban, tidak perlu melakukan kegiatan-kegiatan yang berada di luar koridor peraturan perundang-undangan. Jadi kalau ada yang merasa keberatan, undang-undang sudah menyediakan mekanisme penyampaian keberatan," jelas Pramono.

Lebih lanjut, Pramono Ubaid Tanthowi juga meminta kepada elite politik untuk mengimbau pendukungnya agar menunggu hasil resmi pemilu 2019. Hal ini dimaksudkan agar menjaga kondisi pasca pemilu tetap kondusif dan dapat merayakan hasil resmi.

"Baik laporan sengketa dan seterusnya. Jadi, prosedur-prosedur itu yang harusnya ditempuh. Jadi kita perlu para elite-elite politik perlu mendorong konstituen, simpatisannya untuk menunggu hasil resmi yang dikeluarkan oleh KPU, sambil pada saat yang sama menjaga ketenangan," ungkapnya.

(fnj)

Komentar
  • HOT !
    Ibu Kota baru Negara Republik Indonesia yang baru nantinya dan selama ini menjadi misteri akhirnya terjawab dengan Presiden Jokowi mengumumkan lokasinya yang berada di Kalimantan Timur. Dikatakannya, lokasi tersebut telah dikaji dan dinilai paling ideal sebagai lokasi ibu kota baru....
  • HOT !
    Bukan hal asing para warga Korea Utara membelot atau kabur dari negaranya dan memasuki Korea Selatan. Mungkin banyak yang berpikir mereka melarikan diri karena tak tahan dengan peraturan negaranya, namun ternyata ada juga faktor lain....
  • HOT !
    Jumat dini hari tadi (23/8), Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta mengalami antrean panjang bagi penumpang yang hendak check in. Penyebabnya adalah adanya gangguan IT pada sistem check in....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : StrongBaby
Cast : -Amber Josephine Lu f(x) -Lee Seunghyun Bigbang -Lee Gikwang B2ST -Son Dongwoon B2ST -Lot Of Cameo

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)