SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Berjalan Damai, Pemilu 2019 Jadi Sorotan Media Internasional Tuai Pujian Asing

Kamis, 18 April 2019 13:15 by Fikriah | 781 hits
Berjalan Damai, Pemilu 2019 Jadi Sorotan Media Internasional Tuai Pujian Asing
Image source : cnnindonesia.com

DREAMERS.ID - Euforia pesta demokrasi Indonesia yang telah berlangsung pada Rabu (17/04) kemarin, bukan hanya dirasakan oleh masyarakatnya saja, tetapi juga berbagai media internasional dari belahan negara lain yang meliput jalannya pemilu serentak 2019 ini.

Berbagai media asing tersebut menyebutkan bahwa pemilu 2019 di Indonesia sebagai pemungutan suara terbesar dalam sejarah. Hal ini karena, pemilu ini dilakukan serentak untuk memilih calon presiden dan wakil presiden, anggota DPR RI, Anggota DPRD Provinsi, Anggota DPRD Kabupaten/Kota dan Anggota DPD.

Sebanyak 192,8 juta warga Indonesia memenuhi hak pilihnya dan sebanyak 810.0329 tempat pemungutan suara dibuka dan dijaga oleh 7,2 juta panitia pemilu. Media yang meliput pemilu serentak 2019 ini yaitu The Straits Times. Media surat kabar asal Australia itu juga membuat laporan langsung (live report) pada proses pemungutan suara.

Media berbasis Asia lainnya seperti portal berita Channel NewsAsia, South China Morning Post (SCMP), Nikkei, kantor berita NHK, dan Times of India juga memberitakan pemilu 2019 ini. Selain itu, media berbasis Inggris seperti Reuters dan BBC. Kantor berita asal Qatar, Al Jazeera, media Bloomberg, dan Agence France-Presse (AFP) media asal Perancis. Begitu pula majalah The Economist.

Baca juga: Pemilu Indonesia Belum Sepenuhnya Bersih dari Curang, Ini Persamaan Pemilu 2019 dan 2014

Di samping itu, Bukan hanya media yang berantusias meliput, beberapa duta besar juga melayangkan pujian atas hal ini. Duta besar Korea di Jakarta, Kim Chang-beom berpendapat bahwa pemungutan suara kemarin (17/04) berjalan dengan damai dan tenang dibandingkan dengan pemilu 2004 silam. Kim juga menganggap bahwa debat capres-cawapres yang telah dilakukan beberapa waktu lalu berjalan interaktif.

"Saya pernah bertugas di Indonesia pada periode 2003-2005, jadi saya sempat menyaksikan sendiri pemilu 2004. Ada beberapa perbedaan yang saya rasakan. Pertama, pemilu kali ini terselenggara secara damai dan tenang," ungkapnya, pada acara Quick Count Transmedia, Senin (17/4) melansir cnnindonesia.com.

Zuhair Al Shun, Duta Besar Palestina untuk Indonesia, juga mengungkapkan pujiannya dengan mengatakan bahwa pemilu Indonesia 2019 ini menunjukkan pemerintah berhasil menjamin kebebasan warganya untuk memilih tanpa ada tekanan dari pihak manapun, "Menurut saya, rakyat Indonesia telah memilih tanpa ada tekanan," kata Al Shun, dikutip dari cnnindonesia.com.

(fnj)

  • HOT !
    Salah satu jalur favorit para pemudik setiap tahunnya di libur Lebaran adalah jalur Pantai Utara Jawa atau Jalur Pantura. Namun pada musim mudik tahun ini, para pemudik yang melintasi ruas jalur Pantura diminta ekstra waspada....
  • HOT !
    Sempat memilih untuk menutup mulut di kedatangannya ke Istana Kepresidenan Bogor untuk menemui Presiden Jokowi pada Rabu (22/5) pagi hari ini, Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY akhirnya memberikan jawaban terkait alasan kedatangan dan hasil pertemuannya....
  • HOT !
    Prabowo Subianto telah memberikan pernyataan terkait pengumuman hasil rekapitulasi nasional Pemilu 2019 oleh KPU. Pihaknya menyatakan menolak hasil Pilpres 2019 dan beserta pasangannya, Sandiaga Uno, akan menempuh langkah hukum sesuai onstitusi....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : riyanidirgaajeng
Cast : siwon, yoora ,onew, luhan, kang minhyuk & All Artist SMEnt.

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)