SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Sosok Katie Bowman, Ilmuwan Wanita yang Berhasil Mengabadikan Foto Lubang Hitam Pertama di Dunia

Senin, 15 April 2019 21:15 by Fikriah | 1183 hits
Sosok Katie Bowman, Ilmuwan Wanita yang Berhasil Mengabadikan Foto Lubang Hitam Pertama di Dunia
Image source : detik

DREAMERS.ID - Baru-baru ini dunia sains menambah pengetahuan baru dengan lubang hitam di angkasa yang bisa diabadikan dalam foto untuk pertama kalinya. Dibalik penemuan luar biasa itu ada sosok ilmuwan wanita bernama Dr. Katie Bowman, yang baru berusia 29 tahun lho.

Dr. Katie Bowman mendapat pujian dari seluruh dunia atas kerja kerasnya dalam menemukan algoritma yang dapat menangkap foto lubang hitam untuk pertama kalinya. Ia beserta timnya berhasil membuat terobosan baru untuk pertama kalinya dalam sejarah eksplorasi antariksa luar angkasa, yang memungkinkan penangkapan gambar lubang hitam.

Menurut Dr. Katie Bowman, hal tersebut merupakan perwujudan dari upaya yang sebelumnya dianggap mustahil. Foto Dr. Bowman yang semangat saat menunggu foto lubang hitam terunggah di komputernya, beredar luas di berbagai media. Ia juga menuliskan di wall Facebooknya, "Menyaksikan sambil tak percaya, saat-saat foto pertama lubang hitam dalam proses direkonstruksi." dilansir dari detik.com.

 


Image Source : Detik

Dr. Katie Bowman mulai membuat algoritma tersebut tiga tahun yang lalu saat masih menjadi mahasiswa pascasarjana di Massachusetts Institute of Technology (MIT). Di tempat tersebut ia memimpin sebuah proyek yang dibantu oleh sebuah tim, terdiri dari Computer Science and Artificial Intelligence Laboratory dari MIT, Harvard-Smithsonian Center for Astrophysics dan MIT Haystack Observatory.

Gambar lubang hitam ini berhasil ditangkap dengan menggunakan teleskop Event Horizon (EHT) yakni sebuah jaringan delapan teleskop yang terhubung satu sama lain dan gambarnya diunduh melalui algoritma buatan Dr. Katie Bowman, dengan bantuan 200 orang ilmuwan dalam tim. Atas pencapaiannya ini, Dr. Katie Bowman menjadi perbincangan warganet dan namanya populer di Twitter.


Image Source : @AOC

Politisi Partai Demokrat Amerika asal New York, Alexandria Ocasio-Cortez, menuliskan dalam twitnya yakni “Ms Bouman should take her "rightful seat in history". Di sisi lain juga ada cuitan, "Selamat dan terima kasih untuk sumbangan Anda terhadap kemajuan ilmu pengetahuan dan kemanusiaan," tulis Ocasio-Cortez dilansir dari detik.com.


Image Source : @MIT_CSAIL

"Tiga tahun lalu, mahasiswa pascasarjana MIT Katie Bouman memimpin pembuatan sebuah algortime baru untuk menghasilkan gambar lubang hitam untuk pertama kalinya," tulis MIT's Computer Science & Artificial Intelligence Lab. “Hari ini, foto itu dirilis." puji MIT dan lembaga Smithsonian kepada Dr.Bowman di media sosialnya.

Dr. Katie Bowman kini menjadi asisten professor dalam ilmu komputer dan matematika di California Institute of Technology.

(fnj)

Komentar
  • HOT !
    Kabar mengejutkan kembali datang dari Negeri Ginseng, Korea Selatan. Pasalnya, setelah 30 tahun lamanya, pelaku pembunuhan berantai yang terjadi di tahun 1986 dan 1991 akhirnya berhasil diidentifikasi....
  • HOT !
    Kondisi kebakaran hutan yang terjadi di Indonesia, tepatnya di Riau dan Kalimantan membuat kabut asap bertiup hingga ke negara tetangga. Kini giliran Singapura yang terkena imbas kebakaran yang sempat membuat Presiden Jokowi geram ini....
  • HOT !
    Kondisi kebakaran hutan membuat beberapa daerah di Kalimantan harus berhadapan dengan kabut asap. Tidak terkecuali Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur yang merupakan calon ibu kota baru juga terkena dampak asap kebakaran hutan....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : arsyaden
Cast : Arsy, Vian, Lee Dong Wook, dkk

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)