home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Pemerintah Korea Selatan Legalkan Praktik Aborsi

Jumat, 12 April 2019 19:15 by muthiasp | 1076 hits
Pemerintah Korea Selatan Legalkan Praktik Aborsi
Dreamers.id

DREAMERS.ID - Mahkamah Konstitusi Korea Selatan pada Kamis (12/04) membatalkan larangan aborsi yang telah berusia 66 tahun. Hal itu diputuskan oleh mayoritas 7:2 bahwa undang-undang saat ini yang berasal dari tahun 1953 dan melarang aborsi pada setiap tahap kehamilan, tidak konstitusional karena melanggar hak-hak wanita hamil.

Pembatalan larangan aborsi kembali dibahas pasca seorang wanita yang melakukan aborsi dan dokter yang melakukannya dihukum. Majelis Nasional memiliki waktu sampai tahun depan untuk merevisi undang-undang, sehingga dengan semua prosedur yang diperlukan aborsi mungkin akan menjadi legal di Korea pada tahun 2021.

Tujuh tahun lalu atau pada tahun 2012 silam, Mahkamah Konstitusi mempertimbangkan hak hidup janin diatas hak perempuan memilih untuk aborsi atau tidak. Tapi sekarang keputusan itu dinilai secara konkret melanggar hak perempuan untuk memilih, dengan argumen hak janin untuk hidup adalah prinsip "abstrak".

Baca juga: Terungkap, Begini Tipe Mereka yang Aborsi di Klinik Paseban Dari Data Pasien

Pengadilan juga memutuskan bahwa undang-undang itu sudah usang karena pada kenyataannya sekitar 170.000 aborsi dilakukan di Korea setiap tahun, dan larangan itu bisa mendorong wanita hamil untuk melakukan aborsi dengan cara yang tidak aman.

Pengadilan mengatakan perempuan membayar biaya sangat tinggi untuk aborsi dan tidak dapat mengklaim kompensasi pasca operasi. Undang-undang tersebut juga menyebabkan banyak remaja dan wanita miskin meninggalkan bayi mereka setelah melahirkan mereka.

Keputusan ini pun menuai pro kontra dari berbagai pihak, di antaranya adalah kelompok gerakan tertentu. Seperti kelompok-kelompok hak asasi perempuan mendukung keputusan pengadilan, menyebutnya sebagai "keputusan penting”. Tetapi beberapa kelompok agama menyayangkannya.

(mth)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)