home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Menilik Strategi Jokowi dan Prabowo dalam Debat Terakhir Jelang Pilpres 2019

Sabtu, 13 April 2019 09:15 by Fikriah | 1020 hits
Menilik Strategi Jokowi dan Prabowo dalam Debat Terakhir Jelang Pilpres 2019
Image source : detik
3. Bagaimana Menurut Pakar?

Sementara itu, ekonom senior dari Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) Nawir Messi mengungkapkan bahwa ada 10 isu penting yang harus diperdebatkan oleh kedua pasangan calon presiden dan wakil presiden, "Ada 10 isu yang harus menjadi fokus, yang pertama adalah pengelolaan pertumbuhan ekonomi Indonesia," ungkap Nawir saat Pemanasan Debat Kelima di Jakarta, dilansir dari detik.com pada Kamis (12/4/2019).

Nawir Messi juga menjelaskan bahwa dalam pengelolaan ekonomi kedua kandidat dihadapkan dengan situasi dilema, yakni pertumbuhan tidak boleh terlalu tinggi maupun terlalu rendah. Selain itu, ekonomi juga harus dilakukan secara kuantitas dan kualitas secara merata.

Selain itu, isu lainnya adalah daya saing investasi. Menurut Nawir, pemerintah telah berinovasi mempermudah proses izin berusaha tetapi hanya berlaku di pusat bukan daerah. Isu ketiga adalah perdagangan dan impor. Dirinya mengatakan pemerintah harus memperhatikan peningkatan impor bahan konsumsi yang meningkat ke level 9% dari level 6% pada lima tahun lalu.

Isu keempat yakni industri deindustrialisasi dini, harus adanya pemetaan idustri teat demi menggerakkan perekonomian agar lebih baik lagi. Isu kelima soal perpajakan, mengenai rasio pajak nasional yang pernah di level 15% kini turun ke level 9%.

Selanjutnya, pada isu keenam pembahasan menganai risiko hutang luar negeri. Hal ini penting dibahas kedua kandidat karena ada potensi krisis keuangan jika tidak dikelola dengan baik. Lalu, pada isu ketujuh, mengenai kebijakan subsidi energi. Harus dimulainya program energi baru terbarukan, mengingat energy fosil semakin sulit diproduksi. Isu kedelapan yakni mengenai revolusi 4.0. Pemerintah harus memutuskan kapan memulai dan mengatisipasinya.

Nawir mengatakan isu kesembilan adalah tingkat kemiskinan. Sementara isu terakhir yakni pemanfaatan dana desa. Nawir menyampaikan bahwa hal tersebut perlu dijelaskan karena tidak ada perubahan mengenai tingkat kesejahteraan masyarakat desa.

Komentar
  • HOT !
    Pemilihan Kepala Daerah atau Pilkada Jakarta yang akan memilih Gubernurnya alias Pilgub di akhr tahun 2024 ini diprediksi masih akan jadi persaingan terpanas pemilihan kepala daerah Se Indonesia. Walaupun, statusnya sudah tidak lagi menjadi ibu kota negara Republik Indonesia....
  • HOT !
    Princess of Wales Kate Middleton belum lama ini mengumumkan kondisi kesehatannya dan mengonfirmasi ia mengidap kanker lewat sebuah video penuh haru. Pakar atau ahli Bahasa tubuh pun membeberkan arti dari gestur tubuh Kate Middleton....
  • HOT !
    Beberapa minggu belakangan kembali menyebar rumor heboh tentang Ibu Negar Perancis, Brigitte Macron yang disebut terlahir sebagai pria dan menjadi transgender wanita di kemudian hari. Padahal, rumor itu sudah berhembus tahun lalu dan dibawa ke pengadilan oleh Brigitte Macron dan ia memenangkan kasus fitnah melawan jurnalis yang mengklaim hal tersebut....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)