SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Heboh Surat Suara Tercoblos Lebih Awal di Malaysia, Pelaku Ngaku Diberi Upah

Jumat, 12 April 2019 10:45 by muthiasp | 1947 hits
Heboh Surat Suara Tercoblos Lebih Awal di Malaysia, Pelaku Ngaku Diberi Upah
Dreamers.id

DREAMERS.ID - Semakin mendekati hari pemilihan umum dan pemilihan presiden 2019, semakin banyak pula isu-isu bermunculan. Kini, heboh video yang menunjukkan surat suara sudah ada yang tercoblos lebih awal di Malaysia. Pelaku bahkan mengaku diberi upah melakukan hal tersebut.

Dilansir dari laman Suara, Ketua Panwaslu Kuala Lumpur Yazza Azzahara Ulyana mengemukakan adanya temuan sekitar 10 ribu lebih surat suara tercoblos yang berada di dua titik di daerah Selangor dan Kajang.  Pencoblosan terjadi pada surat suara pilpres, dan juga pileg.


Image source: Viva

Dari lembaran surat suara terlihat pencoblosan dilakukan dengan pilihan capres cawapres nomor urut 01, sedangkan untuk surat suara caleg DPR DKI Jakarta 2, tercoblos pada caleg Partai Nasdem nomor urut 2 dan 3, serta caleg Partai Demokrat nomor urut 3.

Baca juga: Di Balik Pernyataan KPU Sebut Kubu Prabowo Gagal Paham Soal Situng Pemilu 2019, Tak Mungkin Manipulasi Suara

Menurut Yazza, warga negara Indonesia yang melakukan hal tersebut dilihat dari rekaman video yang berbeda. Namun saat tim panwaslu Kuala Lumpur mendatangi lokasi, keduanya sudah tidak ada di tempat.

Berdasarkan laporan yang didapat dari satgas sekber 02 BPN Prabowo - Sandiaga kedua orang tersebut mendapat bayaran untuk tiap surat suara yang dicoblos, "Mereka dibayar setiap surat suara 50 Sen (Malaysia) oleh yang nyuruh nyoblos. Siapa yang nyuruh itu tidak diberi tahu. Itu yang jadi penyelidikan kami siapa oknum yang memerintahkan," ujar Yaza Azzahra di tvOne.

Ketua Panwaslu Kuala Lumpur Yazza Azzahara Ulyana memperkirakan jika aksi tersebut mungkin sudah dilakukan sejak beberapa hari lalu.

(mth)

  • HOT !
    Rekonsiliasi atau pertemuan antara dua kandidat calon presiden di Pemilu 2019 lalu, yaitu Joko Widodo dan Prabowo Subianto diharapkan oleh banyak pihak. Namun ternyata ada indikasi sejumlah pihak yang tak ingin momen damai itu terjadi....
  • HOT !
    Leonardo DiCaprio pada pertengahan Maret lalu mengkritik sampah plastik yang dihasilkan Indonesia lewat unggahan Instagram. Unggahan itu kembali dibahas setelah Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) TPST Bantargebang pada Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Asep Kuswanto angkat bicara soal hal tersebut....
  • HOT !
    Presiden Joko Widodo yang berulang tahun 21 Juni kemarin mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Indonesia yang ramai memberi selamat padanya, bahkan hingga merajai Trending Topic Dunia di Twitter. Jokowi juga mengaku tak pernah merayakan hari ulang tahunnya....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : ayurini59
Cast : Kang Minhyuk & Krystal Jung

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)