SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

MRT Buka Kesempatan UMKM Isi Lapak di Stasiun dengan Biaya Sewa per Bulan

Jumat, 12 April 2019 09:15 by nicnov | 2951 hits
MRT Buka Kesempatan UMKM Isi Lapak di Stasiun dengan Biaya Sewa per Bulan
image source: wartakota tribunnews

DREAMERS.ID - Sebelumnya sempat diinformasikan bahwa stasiun MRT akan diisi oleh beberapa gerai makanan, minuman, dan lainnya yang sudah memiliki brand besar. Kini PT MRT Jakarta memberikan peluang bagi para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang ingin membuka gerai di stasiun mereka.

Namun kesempatan untuk menyewa lapak hanya diberikan di lima stasiun MRT saja. Stasiun Lebak Bulus Grab, Haji Nawi, Cipete, Blok A, dan Dukuh Atas BNI. Sekretaris PT MRT Jakarta Muhammad Kamaluddin mengatakan total gerai yang akan diberikan kepada para pelaku UMKM berjumlah 16 slot dengan biaya sewa Rp1.3 juta per bulan. “Siapa yang akan mengisi sudah terpilih tapi belum dibuka, belum aktif sekarang,” jelasnya, Rabu (10/04).

Pihak MRT juga sedang mempersiapkan tempat yang nyaman untuk para pelaku UMKM seperti penyediaan air sampai dengan listrik. Kamaluddin memperkirakan bahwa para pelaku UMKM bisa mulai berjualan sekitar satu atau dua bulan ke depan. “UMKM nantinya akan berjualan produk-produk kerajinan, ada yang fesyen lalu makanan,” jelasnya.

Baca juga: Bersiap MRT Fase II, Mengapa Stasiun Sarinah Dirubah Menjadi Stasiun Thamrin?

Lebih lanjut, Kamalludin kembali mengatakan bahwa para penumpang MRT juga akan dimanjakan dengan berbagai ritel yang tersedia di setiap stasiun, khususnya di Bundaran HI. Sejauh ini telah bekerja sama dengan 16 toko ritel yang beroperasi di delapan stasiun. “Ritelnya seperti mini market, kafe, lalu jual aksesories, tempat potong rambut, dan farmasi,” jelas Kamal.

Berbeda dengan para pelaku UMKM, Kamal tidak menjelaskan berapa biaya yang harus dikeluarkan para peritel yang ingin menjajakan barangnya di stasiun MRT. Namun dilansir dari laman CNNIndonesia, ia menekankan bahwa kewajiban tak hanya soal biaya sewa per bulan, tetapi pemilik ritel juga harus membagi keuntungannya dengan MRT setiap bulan.

“Angka pastinya ada pada kontrak masing-masing kami dengan peritel. Tapi kami tidak bisa buka informasinya,” ucapnya. Hingga kini masih ada sekitar 5 hingga 10 toko yang kosong bagi para peritel yang ingin berjualan di stasiun MRT. Namun untuk fasilitas seperti air dan listrik saat ini masih dalam tahap penanganan oleh pihak manajemen.

(nino)

Komentar
  • HOT !
    Ada puluhan warga negara Indonesia atau WNI yang merupakan kru kapal pesiar Diamond Princess. Dan belum lama, beredar sebuah video di mana para wni mengenakan masker dan memohon kepada Presiden Joko Widodo untuk memulangkan mereka secepatnya....
  • HOT !
    Ingat dengan isu banyaknya anak perusahaan Garuda Indonesia yang terungkap? Disinyalir kurang memiliki manfaat hingga ada nama anak perusahaan Garuda Tauberes menjadi sorotan dan kini Menteri BUMN Erick Thohir  ambil tindakan....
  • HOT !
    Pembicaraan penerus ‘tahta’ Partai Demokrat atau lebih tepatnya posisi ketua umum kini mulai dipertanyakan. Dan menarik perhatian karena meski salah satu anak dulu yang berkecimpung di dunia politik, kini sudah dua anak dari Ketum Susilo Bambang Yudhoyono yang memiliki pengalaman berpolitik....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : Jill, Sehun, Ibu dan Mama.

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)