SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Segera Resmi Beroperasi, MRT dan LRT Masih Belum Punya Tarif Tetap

Rabu, 20 Maret 2019 17:00 by nicnov | 809 hits
Segera Resmi Beroperasi, MRT dan LRT Masih Belum Punya Tarif Tetap
image source: Tribun jakarta

DREAMERS.ID - Setelah uji coba MRT, kini ada perbincangan bahwa Moda Raya Terpadu (MRT) dan Light Rail Transit (LRT) akan gratis bagi warga Jakarta. Namun, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan tarif 2 kendaraan umum tersebut tak mungkin gratis. Sebab menurutnya, Pemprov DKI Jakarta hanya memiliki dana terbatas dalam mengoperasikan MRT.

“Kelihatannya enggak (gratis). Sebagai usulan, iya saja. Karena enggak mungkin, dananya terbatas,” kata Anies di Kantor Wali Kota Jakarta Utara, Selasa (19/3). Anies tidak menjelaskan tentang kajian yang menyebutkan MRT dan LRT tak mungkin gratis. Namun, Pelaksana tugas Kepala Biro Perekonomian DKI Jakarta M. Abas menyatakan bakal mengkaji terlebih dahulu usul DPRD DKI tersebut.

Sebelumnya Komisi B DPRD DKI Jakarta mengaku sepakat mengajukan usul untuk menggratiskan tarif MRT dan LRT untuk warga DKI Jakarta. Ketua Komisi B DPRD DKI Ahmad Suhaimi mengajukan agar DKI menghapus poin penyusutan dan poin keuntungan 10 persen yang dimasukkan MRT sebagai bagian pembiayaan.

Baca juga: Ketahui Rekor MRT yang Ternyata Dicapai Imbas Keramaian Demonstrasi Kemarin

Rencananya, MRT akan diresmikan pada 24 Maret mendatang. Namun hingga kini tarif MRT dan LRT tak kunjung di sepakati. DPRD belum menyetujui angka tarif yang diajukan Pemprov DKI Jakarta yaitu sebesar Rp 10 ribu per kilometer setelah disubsidi.

Dikutip dari laman CNN Indonesia, Direktur Keuangan dan Administrasi PT MRT Jakarta Tuhiyat mengatakan, “semua yang berkaitan dengan itu adalah komponen tarif keekonomian dibagi estimasi passangers (penumpang) maka ketemulah angka Rp31.659,” pada saat rapat penentuan tarif MRT dengan Komisi B DPRD DKI Jakarta, di Jakarta, Selasa (19/3).

Sejauh ini, Pemprov DKI Jakarta mengajukan tarif Rp10ribu per kilometer untuk MRT dan Rp 6ribu untuk LRT. Dengan angka ini, MRT mengajukan subsidi sebesar Rp 625miliar dan LRT mengajukan Rp 169 miliar.

(nino)

Komentar
  • HOT !
    Dunia teknologi kembali berduka. Oracle sebuah perusahaan software database raksasa harus rela ditinggal Co CEO nya dalam usia 62 tahun....
  • HOT !
    Bukan rahasia lagi jika perusahaan unicorn di Indonesia disebut sedang ‘membakar uang’ demi menarik perhatian konsumen. Beberapa cara dilakukan seperti memberikan potongan atau promo untuk membuat masyarakat memilih layanan perusahaan tersebut....
  • HOT !
    Jelang pelantikan presiden wakil presiden 20 Oktober mendatang, Kementerian Sekretariat Negara atau Kemensetneg menerbitkan foto resmi Presiden Terpilih Joko Widodo dan Wakil Presiden Terpilih Ma’ruf Amin....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : LauraLMP
Cast : TVXQ (Yunho - Changmin) and Blue Razeilly, Dean, Twins Hyran-Kyran (OC)

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)