SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

5 Tahun Berlalu, Lima Teori Konspirasi Ini Masih Menghantui Hilangnya Pesawat MH370

Senin, 11 Maret 2019 13:15 by nicnov | 753 hits
5 Tahun Berlalu, Lima Teori Konspirasi Ini Masih Menghantui Hilangnya Pesawat MH370
image source: telset

DREAMERS.ID - Hari Jumat (08/03) lalu merupakan hari bertepatan dengan lima tahun tragedi MH370 yang hilang, pada 8 Maret 2015 dalam penerbangan Kuala Lumpur, Malaysia menuju Beijing, China. Pesawat yang ditumpangi 239 orang tersebut hilang kontak dan setelah dilakukan berbagai misi pencarian namun tetap saja tidak ditemukan.

Setelah 5 tahun berlalu, hanya keping-kepingan yang diduga menjadi bagian dari pesawat Boeing 777 itu yang ditemukan. Proses pencarian yang lama pun menimbulkan sejumlah spekulasi dan teori tentang penyebab hilangnya pesawat Malaysia Airlines tersebut, seperti yang dilansir dari laman CNN Indonesia.

Pertama, pesawat MH370 dikendalikan secara jarak jauh, untuk menggagalkan pembajakan. Dugaan ini menguat setelah pemerintah AS memberi hak paten kepada Boeing terkait sebuah sistem kendali jarak jauh pada 2006. Boeing bisa mengambil alih seluruh kendali pesawat dari pilot atau siapapun apabila terjadi pembajakan. Perdana Menteri Malaysia, Mahathir Mohamad, menyatakan sepakat dengan dugaan ini.

Kedua, adanya dugaan Rusia yang menyadera seluruh penumpang. Jeff Wise empat tahun lalu menyatakan dirinya menduga MH370 dibajak oleh Rusia dan dibawa ke pangkalan militer Rusia di Kazakhstan, kemudian seluruh penumpangnya disandera. Ia menduga aksi tersebut sebagai upaya penolakan intervensi Blok Barat dalam konflik Ukraina. Namun pihak Rusia menyangkal hal ini.

Selain dua dugaan ketiga muncul mengenai pilot yang mencurigakan. Pesawat MH370 diduga hilang karena ulah sang pilot, Zaharie Ahmad Shah yang sempat dilaporkan tertekan karena urusan keluarga atau kecewa dengan keputusan pihak Malaysia yang memenjarakan Anwar Ibrahim terkait kasus sodomi. Namun dugaan tersebut dibantah pihak keluarga.

Ada juga dugaan bahwa hilangnya MH370 merupakan aksi teror, dan pesawat disembunyikan di tempat tertentu. Meski banyaknya berbagai dugaan mengenai penyebab hilangnya pesawat MH370, penyebab sesungguhnya masih menjadi misteri yang belum terpecahkan hingga saat ini.

(nino)

  • HOT !
    Salah satu jalur favorit para pemudik setiap tahunnya di libur Lebaran adalah jalur Pantai Utara Jawa atau Jalur Pantura. Namun pada musim mudik tahun ini, para pemudik yang melintasi ruas jalur Pantura diminta ekstra waspada....
  • HOT !
    Sempat memilih untuk menutup mulut di kedatangannya ke Istana Kepresidenan Bogor untuk menemui Presiden Jokowi pada Rabu (22/5) pagi hari ini, Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY akhirnya memberikan jawaban terkait alasan kedatangan dan hasil pertemuannya....
  • HOT !
    Prabowo Subianto telah memberikan pernyataan terkait pengumuman hasil rekapitulasi nasional Pemilu 2019 oleh KPU. Pihaknya menyatakan menolak hasil Pilpres 2019 dan beserta pasangannya, Sandiaga Uno, akan menempuh langkah hukum sesuai onstitusi....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : rosadelita_ps
Cast : - Jung Ayana - Jung Yunho - Shim Changmin

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)