SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Pengemis Ini Bersedia Berhenti Ngemis Asal Diberi Uang 'Pensiunan' Lebih Dari PNS Per Bulan

Minggu, 10 Februari 2019 19:14 by nicnov | 1662 hits
Pengemis Ini Bersedia Berhenti Ngemis Asal Diberi Uang 'Pensiunan' Lebih Dari PNS Per Bulan
image source: Detik

DREAMERS.ID - Pengemis di Makassar pendapatannya bisa mencapai ratusan ribu per hari. Mereka mengaku akan berhenti jadi pengemis hanya jika mereka diberikan uang pensiunan yang bisa dibilang tidak sedikit.

“Dulu pernah kita kumpulkan pengemis yang menderita kusta. Mereka bilang mau berhenti jika dapat uang hidup Rp 5 juta per bulan,” kata Kepala Seksi Disabilitas Dinsos Kota Makassar Hasna melansir Detikcom di kantornya, jalan Arif Rahman Hakim, Makassar, Jumat (8/2/2019).

Dengan uang sebesar itu, para pengemis berjanji tidak akan berkeliaran lagi dijalanan jika diberikan uang untuk hidup sebesar itu. Namun pihak Dinsos tidak bisa sanggupi permintaan tersebut. Menurutnya, ada dana tunjangan bagi para tunawisma ini dari pemerintah, namun nominal nya tidak sebesar permintaan mereka.

“Alasan mereka kan tidak punya kerjaan. Jadi mereka minta uang untuk hidup seperti itu. Kalah dong jadi PNS,” ujarnya.

Dia menambahkan, rata-rata pengemis di Makassar sering ‘bermain peran’ di hadapan masyarakat saat sedang mengemis di jalanan. Mereka melakukan hal tersebut untuk mendapatkan simpati dari masyarakat.

“ada dulu pincang kakinya saat mengemis. Saat mau ditangkap, dia bisa lari,” ungkapnya.

Bahkan, pada tahun 2017, pihaknya menangkap seorang pengemis yang menghasilkan uang hingga jutaan rupiah dari mengemis dan memohon simpati kepada masyarakat.

“Habis tahun baru saat itu. Kita periksa kantongnya ada jutaan rupiah di sana. Dia kumpulkan dalam waktu hanya seminggu,” kata Hasna.

Namun Hasna mengaku tidak memiliki data lengkap mengenai berapa banyak jumlah pengemis yang ada di Makassar dikarenakan banyaknya jumlah pengemis, dan banyak dari mereka yang datang dari luar kota.

(nino)

  • HOT !
    Akhir bulan ini tepatnya tanggal pada 27 28 Februari di Hanoi, Vietnam, akan kembali digelar pertemuan kedua antara Kim Jong Un dan Donald Trump. Presiden Korea Selatan, Moon Jae In mengatakan jika pertemuan itu bisa jadi titik balik bagi hubungan Semenanjung Korea....
  • HOT !
    Indonesia bersedia menjadi tuan rumah multi event terbesar di dunia, Olimpiade, pada tahun 2032 mendatang. Indonesia mencalonkan diri menjadi tuan rumah Olimpiade 2032 karena kesuksesan yang diraih saat menjadi tuan rumah Asian Games 2018....
  • HOT !
    Sebuah buku tebal terlihat berada di atas meja Prabowo ketika menjalani debat capres putaran kedua di Hotel Sultan Jakarta pada Minggu (17/02/19) malam. Lalu buku seperti apa yang dibawa Prabowo itu?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : amalamal
Cast : Kris, Sarah

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)