SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Begini Komentar Psikiater Soal Kemungkinan Kondisi Kejiwaan Adi Saputra Si Perusak Motor yang Viral

Sabtu, 09 Februari 2019 17:23 by bellaevania | 948 hits
Begini Komentar Psikiater Soal Kemungkinan Kondisi Kejiwaan Adi Saputra Si Perusak Motor yang Viral
Image Source: Detik

DREAMERS.ID - Jagat dunia maya dihebohkan dengan video viral seorang pria yang mengamuk dan merusak motornya sendiri karena tak terima ditilang polisi di Jalan Letnam Soetopo, Serpong, Tangerang Selatan.

Pemuda yang diketahui bernama Adi Saputra itu secara emosional mencabik-cabik dan menggulingkan motornya hingga hampir mencelakai perempuan yang bersama dirinya. Setelah kejadian itu video aksi bakar STNK yang dilakukan Adi pun beredar.

Beragam tanggapan negatif dilontarkan untuk pemuda itu. Lalu apa pandangan psikiater terhadap fenomena Adi Saputra ini? Seorang psikiater bernama Andreas Kurniwan dengan nama akun @ndreamon pun menjelaskan prakiraan kondisi Adi Saputra melalui media sosial Twitter.

Andreas menyebut kita tak bisa menilai perilaku seseorang hanya melalui sekian detik kejadian. Orang yang menyaksikan video tersebut hanya bisa mengira emosi (kemarahan). Sebagai psikiater, mendalami perilaku seseorang perlu ada pemahaman yang lebih dalam lagi.

Baca juga: Cerita Dibalik Pemberian Nama Bayi Joko Widodo Ma'ruf Asal Sragen yang Viral

"Perlu pemahaman lebih dalam lagi. Apakah memang biasa dia sering seperti itu? Atau baru ini pertama kalinya? Atau kejadian ini hanya terjadi pada kondisi tertentu, di tekanan yang begitu berat? Mungkin dia hanya sedang mengalami worst day ever? Tidak ada yang tahu," jelas Andreas.

"Jadi, mungkin terlalu cepat bagi kita untuk reaktif menilai orangnya. Kita coba pisahkan antara perilaku dan orangnya. Saya pribadi tidak suka dengan perilakunya. Tapi terhadap orangnya? Nanti dulu. Saya tak cukup kenal dia untuk memberikan pendapat saya," tambah Andreas

Andreas menjelaskan aksi mencabik-cabik motor yang dilakukan Adi bisa saja terjadi karena ledakan emosi yang sudah lama ditahan. "Ini seperti kita menimbun sampah dalam batin kita, sampai tahap terjadi ledakan emosional. Percayalah, setiap orang bisa mengalami itu,” ujar Andreas.

(bef)

  • HOT !
    Akhir bulan ini tepatnya tanggal pada 27 28 Februari di Hanoi, Vietnam, akan kembali digelar pertemuan kedua antara Kim Jong Un dan Donald Trump. Presiden Korea Selatan, Moon Jae In mengatakan jika pertemuan itu bisa jadi titik balik bagi hubungan Semenanjung Korea....
  • HOT !
    Indonesia bersedia menjadi tuan rumah multi event terbesar di dunia, Olimpiade, pada tahun 2032 mendatang. Indonesia mencalonkan diri menjadi tuan rumah Olimpiade 2032 karena kesuksesan yang diraih saat menjadi tuan rumah Asian Games 2018....
  • HOT !
    Sebuah buku tebal terlihat berada di atas meja Prabowo ketika menjalani debat capres putaran kedua di Hotel Sultan Jakarta pada Minggu (17/02/19) malam. Lalu buku seperti apa yang dibawa Prabowo itu?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : amalamal
Cast : Kris, Sarah

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)