SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Heboh Belasan Ribu Plasma Darah Buatan Cina Terkontaminasi HIV

Minggu, 10 Februari 2019 09:30 by nicnov | 795 hits
Heboh Belasan Ribu Plasma Darah Buatan Cina Terkontaminasi HIV
image source: Time Magazine

DREAMERS.ID - Komisi kesehatan China atau National Health Commission (NHC) menemukan kantong 12.000 plasma darah positif terkontaminasi HIV, pada rabu 6 Febuari 2019. Otoritas NHC telah menginstruksikan lembaga medis untuk menghentikan penggunaan immunoglobin intravena yang di produksi oleh Shanghai Xinxing Pharmaceutical tersebut.

Plasma darah yang terkontaminasi diketahui bernomor seri 20180610Z, yang telah diproduksi sebanyak 12.209 botol berukuran 50ml. adapun tanggal kadaluarsa produk pada tanggal 8 juni 2021, dikutip dari Channel News Asia (7/2/2019).

Perlu kita ketahui bahwa imunoglobin itu adalah antibody yang berfungsi untuk memerangi pathogen dan juga untuk mengobati berbagai macam penyakit salah satu nya adalah kanker.

Pusat pengendalian Penyakit provinsi Jiangxi mengabarkan bahwa sampai saat ini masih belum ada pasien yang tertular penyakit HIV. Meski demikian NHC telah mempersiapkan program pengawasan yang lebih sensitif.

Baca juga: Kenalan dengan Formula E, Pesaing F1 yang Rencananya Akan Digelar di Jakarta Pada 2020

Sementara itu pihak perusahaan Shanghai Xinxing Pharmaceutical telah diinstruksikan agar “memberhentikan produksi dan menginisiasikan penarikan produk” oleh otoritas China.

Beberapa ahli juga turut diturunkan oleh the National Medical Product Administration untuk menyelidiki lebih lanjut perihal produk yang masih berada di pasaran.

Selain kasus ini, pada bulan lalu polisi provinsi Jiangsu, China Timur, memulai penyelidikan terhadap vaksin polio yang kadaluarsa yang sudah digunakan pada 145 anak.

(nino)

Komentar
  • HOT !
    Potensi gempa 8.8 skala richter dan tsunami 20 meter di pesisir Jawa muncul belakangan ini tentu meresahkan masyarakat. Karena bagaimana pun, gempa selama ini hanya bisa diprediksi besaran dan dampaknya, belum bisa diperkirakan kapan waktu akan terjadinya....
  • HOT !
    Banyaknya negara di seluruh dunia, mungkin menjadi salah satu faktor kita tidak menyadari keberadaan satu sama lain. Bahkan fakta bahwa ternyata terdapat beberapa negara di dunia yang sudah dihapus dari peta dunia....
  • HOT !
    Pertemuan antara Joko Widodo sang presiden terpilih dan rivalnya di kontestasi Pilpres 2019 lalu membekas di ingatan. Pertemuan tanpa aba aba itu terjadi di Stasiun MRT Lebak Bulus hingga Senayan dan berakhir dengan makan manis di salah satu mall di Jaksel....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : IkaaWulandari
Cast : Reina Lee (OC), EXO, Kim Myung Soo (Infinite), Jonghyun (CNBlue), Heechul (Super Junior), Kpop Idol

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)