SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Tanggap Darurat Ditetapkan Karena Erupsi Gunung Karangetang, Sampai Kapan?

Jumat, 08 Februari 2019 11:43 by reinasoebisono | 571 hits
Tanggap Darurat Ditetapkan Karena Erupsi Gunung Karangetang, Sampai Kapan?
Image source: CNN

DREAMERS.ID - Gunung Karangetang mulai bergejolak dan mengeluarkan erupsi yang menyebabkan Pemerintah Kabupaten Siau Tagulandang Biaoa (Sitaro), Sulawesi Utara menetapkan status tanggap darurat bencana.

Gunung setinggi 1.827 meter itu erupsi sejak beberapa hari lalu dengan aktivitas vulkanik yang terus meningkat. Karena itu, Pemkab Sitaro melakukan evakuasi terhadap 132 warga atau 77 kepala keluarga di Kampung Niambangen ke pos pengungsian di daerah Paseng yang berada tepat di depan kompleks perumahan bupati.

"Penetapan tanggap darurat ini berlaku 7 hari dari 6 sampai 12 Februari. Bila dipandang perlu, status ini dapat ditinjau kembali sesuai kebutuhan," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho via CNN.

Sejauh ini kebutuhan mendasar seperti matras untuk pengungsian sudah dipenuhi. Tim kesehatan juga sudah di pos pengungsian untuk pemeriksaan kesehatan pengungsi. Sedangkan Dinas Sosial sudah menempatkan dapur umum dengan perlengkapan alat masak dan bahan makanan.

Erupsi Gunung Karangetang mulai terjadi pada Sabtu (2/2). Berdasarkan pengamatan sekitar pukul 10.45 WITA, teramati guguran lava mengalir ke Kali Batuare sejauh lebih kurang 2.000 meter dari kawah dua. Guguran lava juga mengalir ke Kali Melebuhe sejauh 2.500 meter dari kawah dua.

(rei)

  • HOT !
    Akhir bulan ini tepatnya tanggal pada 27 28 Februari di Hanoi, Vietnam, akan kembali digelar pertemuan kedua antara Kim Jong Un dan Donald Trump. Presiden Korea Selatan, Moon Jae In mengatakan jika pertemuan itu bisa jadi titik balik bagi hubungan Semenanjung Korea....
  • HOT !
    Indonesia bersedia menjadi tuan rumah multi event terbesar di dunia, Olimpiade, pada tahun 2032 mendatang. Indonesia mencalonkan diri menjadi tuan rumah Olimpiade 2032 karena kesuksesan yang diraih saat menjadi tuan rumah Asian Games 2018....
  • HOT !
    Sebuah buku tebal terlihat berada di atas meja Prabowo ketika menjalani debat capres putaran kedua di Hotel Sultan Jakarta pada Minggu (17/02/19) malam. Lalu buku seperti apa yang dibawa Prabowo itu?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : amalamal
Cast : Kris, Sarah

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)