SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Tanggap Darurat Ditetapkan Karena Erupsi Gunung Karangetang, Sampai Kapan?

Jumat, 08 Februari 2019 11:43 by reinasoebisono | 603 hits
Tanggap Darurat Ditetapkan Karena Erupsi Gunung Karangetang, Sampai Kapan?
Image source: CNN

DREAMERS.ID - Gunung Karangetang mulai bergejolak dan mengeluarkan erupsi yang menyebabkan Pemerintah Kabupaten Siau Tagulandang Biaoa (Sitaro), Sulawesi Utara menetapkan status tanggap darurat bencana.

Gunung setinggi 1.827 meter itu erupsi sejak beberapa hari lalu dengan aktivitas vulkanik yang terus meningkat. Karena itu, Pemkab Sitaro melakukan evakuasi terhadap 132 warga atau 77 kepala keluarga di Kampung Niambangen ke pos pengungsian di daerah Paseng yang berada tepat di depan kompleks perumahan bupati.

"Penetapan tanggap darurat ini berlaku 7 hari dari 6 sampai 12 Februari. Bila dipandang perlu, status ini dapat ditinjau kembali sesuai kebutuhan," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho via CNN.

Sejauh ini kebutuhan mendasar seperti matras untuk pengungsian sudah dipenuhi. Tim kesehatan juga sudah di pos pengungsian untuk pemeriksaan kesehatan pengungsi. Sedangkan Dinas Sosial sudah menempatkan dapur umum dengan perlengkapan alat masak dan bahan makanan.

Erupsi Gunung Karangetang mulai terjadi pada Sabtu (2/2). Berdasarkan pengamatan sekitar pukul 10.45 WITA, teramati guguran lava mengalir ke Kali Batuare sejauh lebih kurang 2.000 meter dari kawah dua. Guguran lava juga mengalir ke Kali Melebuhe sejauh 2.500 meter dari kawah dua.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Ibu Kota baru Negara Republik Indonesia yang baru nantinya dan selama ini menjadi misteri akhirnya terjawab dengan Presiden Jokowi mengumumkan lokasinya yang berada di Kalimantan Timur. Dikatakannya, lokasi tersebut telah dikaji dan dinilai paling ideal sebagai lokasi ibu kota baru....
  • HOT !
    Bukan hal asing para warga Korea Utara membelot atau kabur dari negaranya dan memasuki Korea Selatan. Mungkin banyak yang berpikir mereka melarikan diri karena tak tahan dengan peraturan negaranya, namun ternyata ada juga faktor lain....
  • HOT !
    Jumat dini hari tadi (23/8), Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta mengalami antrean panjang bagi penumpang yang hendak check in. Penyebabnya adalah adanya gangguan IT pada sistem check in....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : StrongBaby
Cast : -Amber Josephine Lu f(x) -Lee Seunghyun Bigbang -Lee Gikwang B2ST -Son Dongwoon B2ST -Lot Of Cameo

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)