SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Dekat dengan Long Weekend, Akankah Berakibat Banyak Golput di Pemilu 2019?

Kamis, 07 Februari 2019 13:34 by reinasoebisono | 394 hits
Dekat dengan Long Weekend, Akankah Berakibat Banyak Golput di Pemilu 2019?
Image source: Liputan6

DREAMERS.ID - Pemungutan suara Pemilu 2019 yang dibarengi dengan pemungutan suara Pilpres 2019 jatuh pada tanggal 17 April 2019, yaitu hari Rabu. Tanggal tersebut dikhawatirkan akan membuat tingkat golongan putih (golput) alias yang tidak memilih meningkat.

Pasalnya, 17 April yang jatuh pada hari Rabu itu akan dilanjut dengan libur Wafat Isa Al-Masih pada Jumat, 19 April 2019 yang notabene long weekend hingga Sabtu dan Minggunya. Dan tidak menutup kemungkinan masyarakat akan mengambil libur atau cuti pada tanggal 18-nya.

Sehingga dikhawatirkan masyarakat akan lebih memilih liburan daripada datang ke TPS dan menyumbangkan suaranya dalam pesta demokrasi 5 tahun sekali ini. Namun Wakil Presiden Jusuf Kalla meyakini hal ini tidak akan terjadi.

"Bukan soal ada libur atau tidak, itu Paskah hari Jumat kan, pemilihannya Rabu. Jadi tidak nyambung," kata JK mengutip Detik.

Baca juga: Tercatat 91 Pahlawan Pemilu Meninggal Dunia dan Ratusan Lain Sakit Pasca Bertugas

"Jadi saya kira golput itu bisa terjadi kalau orang yakin 'wah, ini akan menang', nggak datang pun akan menang juga, itu yang terjadi di Brexit kemarin," ucapnya.  "Atau dia yakin dia tidak penting dan macam-macam. Karena ini masih berkejar-kejaran, saya kira (pemilih) serius,"

Meski begitu, JK mengatakan memang tidak ada hukuman bagi mereka yang golput. Karena di Indonesia, memilih dalam pemilu adalah hak, bukan kewajiban.

"Kita sistem pemilunya ialah hak. Kalau di Australia kewajiban, tidak datang didenda $100, kita ini hak bukan kewajiban, golput tidak melanggar apa-apa," ujarnya.

(rei)

  • HOT !
    Aksi pengeboman sadis yang terjadi di Sri Lanka menewaskan banyak orang, tak hanya warga lokal melainkan juga turis Asing. Baru baru ini dilaporkan ada tiga anak konglomerat asal Denmark yang juga tewas dalam insiden tersebut....
  • HOT !
    Siapapun bisa mencalonkan diri sebagai pemimpin, bahkan presiden negaranya. Hal unik terjadi di Ukraina, Volodymyr Zelenskiy merupakan seorang komedian berhasil memenangkan Pemilu pada putaran kedua melawan Calon Presiden petahanan Petro Poroshenko....
  • HOT !
    Maraknya hasil pemilu yang beredar pada berbagai survey quick count di media, serta klaim kemenangan yang dilayangkan kandidat capres dan cawapres dapat berpengaruh pada situasi kondusif dan kebenaran atau fakta hasil pemilu 2019....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : ayurini59
Cast : Kang Minhyuk & Krystal Jung

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)