SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Dekat dengan Long Weekend, Akankah Berakibat Banyak Golput di Pemilu 2019?

Kamis, 07 Februari 2019 13:34 by reinasoebisono | 421 hits
Dekat dengan Long Weekend, Akankah Berakibat Banyak Golput di Pemilu 2019?
Image source: Liputan6

DREAMERS.ID - Pemungutan suara Pemilu 2019 yang dibarengi dengan pemungutan suara Pilpres 2019 jatuh pada tanggal 17 April 2019, yaitu hari Rabu. Tanggal tersebut dikhawatirkan akan membuat tingkat golongan putih (golput) alias yang tidak memilih meningkat.

Pasalnya, 17 April yang jatuh pada hari Rabu itu akan dilanjut dengan libur Wafat Isa Al-Masih pada Jumat, 19 April 2019 yang notabene long weekend hingga Sabtu dan Minggunya. Dan tidak menutup kemungkinan masyarakat akan mengambil libur atau cuti pada tanggal 18-nya.

Sehingga dikhawatirkan masyarakat akan lebih memilih liburan daripada datang ke TPS dan menyumbangkan suaranya dalam pesta demokrasi 5 tahun sekali ini. Namun Wakil Presiden Jusuf Kalla meyakini hal ini tidak akan terjadi.

"Bukan soal ada libur atau tidak, itu Paskah hari Jumat kan, pemilihannya Rabu. Jadi tidak nyambung," kata JK mengutip Detik.

Baca juga: Keputusan Sidang: Dalil Kecurangan dari Prabowo-Sandi yang Dipatahkan Mahkamah Konstitusi

"Jadi saya kira golput itu bisa terjadi kalau orang yakin 'wah, ini akan menang', nggak datang pun akan menang juga, itu yang terjadi di Brexit kemarin," ucapnya.  "Atau dia yakin dia tidak penting dan macam-macam. Karena ini masih berkejar-kejaran, saya kira (pemilih) serius,"

Meski begitu, JK mengatakan memang tidak ada hukuman bagi mereka yang golput. Karena di Indonesia, memilih dalam pemilu adalah hak, bukan kewajiban.

"Kita sistem pemilunya ialah hak. Kalau di Australia kewajiban, tidak datang didenda $100, kita ini hak bukan kewajiban, golput tidak melanggar apa-apa," ujarnya.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Ibu Kota baru Negara Republik Indonesia yang baru nantinya dan selama ini menjadi misteri akhirnya terjawab dengan Presiden Jokowi mengumumkan lokasinya yang berada di Kalimantan Timur. Dikatakannya, lokasi tersebut telah dikaji dan dinilai paling ideal sebagai lokasi ibu kota baru....
  • HOT !
    Bukan hal asing para warga Korea Utara membelot atau kabur dari negaranya dan memasuki Korea Selatan. Mungkin banyak yang berpikir mereka melarikan diri karena tak tahan dengan peraturan negaranya, namun ternyata ada juga faktor lain....
  • HOT !
    Jumat dini hari tadi (23/8), Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta mengalami antrean panjang bagi penumpang yang hendak check in. Penyebabnya adalah adanya gangguan IT pada sistem check in....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : StrongBaby
Cast : -Amber Josephine Lu f(x) -Lee Seunghyun Bigbang -Lee Gikwang B2ST -Son Dongwoon B2ST -Lot Of Cameo

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)