home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Negara Ini Beri Para Menteri Gaji Seumur Hidup di Tengah Kemiskinan Melilit Masyarakatnya

Rabu, 06 Februari 2019 14:34 by reinasoebisono | 2611 hits
Negara Ini Beri Para Menteri Gaji Seumur Hidup di Tengah Kemiskinan Melilit Masyarakatnya
Image source: PBS

DREAMERS.ID - Umumnya, negara akan melakukan berbagai upaya ketika masyarakatnya dilanda kemiskinan, kelaparan atau kesulitan lain. Namun negara satu ini justru diketahui meloloskan dekrit yang memberkan para menterinya gaji dan tunjangan seumur hidup.

Melansir Liputan6, sebuah pernyataan dari pemerintah Republik Demokratik Kongo dirilis pada Senin (4/2) lalu yang mengatakan jika dekrit tersebut tidak untuk memperkaya pejabat. Tentu saja dekrit tunjangan seumur hidup kepada mantan menteri itu dikritik banyak orang.

Dekrit tersebut memberikan tunjangan setidaknya USD 2.000 (Rp 27.9 juta) di saat sebagian besar populasi Republik Demokratik Kongo hidup dalam kemiskinan. Ada pula isu yang disebutkan oleh para kitikus jika kebijaka tersebut adalah ‘kongkalikong’ para legislator yang akan lengser pada akhir tahun untuk memperkaya diri selepas dari jabatannya.

Namun pemerintah berdalih jika mereka memenuhi kebutuhan minimum dasar par amenteri, terutama makanan, penginapan dan perawatan kesehatan. Tunjangan itu disebut adalah untuk menghentikan para menteri jatuh ke dalam kemiskinan.

Dekrit tersebut telah ditandatangani oleh Perdana Menteri Bruno Tshibala yang akan turun kekuasaan pada November 2019 mendatang dan hal ini baru dilaporkan secara luas di media belakangan.

Dekrit pertama memberikan gaji bulanan mantan perdana menteri RD Kongo sama dengan 30 persen dari perdana menteri saat ini, satu penerbangan kelas bisnis per tahun dan tunjangan perumahan bulanan US$ 5.000, menurut kantor berita Reuters.

Dekrit kedua memberikan gaji kepada mantan menteri sebesar 30 persen dari gaji menteri saat ini dan US$ 1.000 per bulan untuk akomodasi. Mereka juga akan menerima satu penerbangan kelas bisnis per tahun.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)