SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Imlek di 'Kampung Toleransi' Implementasi Keharmonisan Umat Beragama di Indonesia

Selasa, 05 Februari 2019 22:16 by Fikriah | 488 hits
Imlek di 'Kampung Toleransi' Implementasi Keharmonisan Umat Beragama di Indonesia
Image source : detikcom

DREAMERS.ID -Ada hal yang berbeda dan tidak biasa pada perayaan Imlek di Vihara Giri Metta. Vihara yang terletak di Gang Ruhana, RT02/RW02, Kelurahan Paledang, Kecamatan Lengkong, Kota Bandung ini, disambangi oleh dua orang umat muslim yang ikut membantu menyiapkan pengurus vihara. Bagi dreamers, hal ini tentu jarang terjadi, tetapi bagi warga sekitar hal tersebut sudah lazim dilakukan.

Karena kerukunan umat beragama di wilayah tersebut, kampung ini dinobatkan oleh Pemkot Bandung pada 2017 sebagai ‘Kampung Toleransi’. Kerukunan umat beragama di wilayah ini diwujudkan bukan hanya menghargai perbedaan antar umat beragama tetapi juga ikut saling mendukung.

"Kita datang ke sini untuk silaturahmi sekalian bantu-bantu (vihara)," ujar Rini Ambarwula, seorang warga muslim, dilansir dari detik.com

Kehadiran warga umat muslim di Vihara saat moment Hari Raya Imlek tiba, sudah berlangsung sejak dulu. Begitu pula sebaliknya, kehadiran warga umat budha saat diadakannya kegiatan di masjid. Hal ini telah menjadi tradisi bagi warga ‘Kampung Toleransi’. Di ‘kampung toleransi’ saling menghargai dan menghormati merupakan suatu hal yang telah terbentuk dan terpelihara dengan baik.

"Intinya kita saling menghormati dan menghargai. Ini sudah berlangsung sejak lama. Karena ketika kita di masjid ada kegiatan, mereka (agama Budha) juga ikut bantu," kata Dia.

Baca juga: Glamping Mewah Rasa Ubud yang Kamu Nikmati di Bandung!

Sikap toleransi dan menghormati bukan hanya terjadi ketika perayaan Hari Raya Imlek saja, tetapi hal ini juga terjadi saat perayaan Hari Raya Natal. Perlakuan yang sama juga terjadi pada warga umat beragama kristen dan katolik. Warga ikut mengamankan saat perayaan Hari Raya Natal tiba.

"Gereja juga sama, kalau natal kita keluar ngumpul-ngumpul di luar. Ikut meramaikan saja," kata Rini.

Pada moment perayaan imlek tahun ini, pengelola Vihara Giri Metta, Andri Sbastian Saputra mengungkapkan bahwa keharmonisan umat beragama di ‘Kampung Toleransi’ begitu terasa.  "Warga (pemeluk agama lain) ke sini membantu menyiapkan acara Imlek, ikut bersih-bersih. Sangat terbantu keberadaan warga sekitar, memang dirasakan kebersamaannya," ungkap Andri.

Andri juga mengatakan bahwa tradisi toleransi beragama ini terpelihara setiap tahunnya. "Memang setiap tahun seperti ini. Kami juga bantu-bantu kalau ada kegiatan di masjid atau gereja," ujar Andri.

Tempat beribadah di ‘Kampung Toleransi’ hampir tidak memiliki jarak, seperti Masjid Al-Amanah yang hanya memiliki jarak satu meter dari Vihara Giri Metta. Selain itu, gereja yang berada pada jarak hampir 100 meter dari vihara dan masjid.

(fnj)

  • HOT !
    Akhir bulan ini tepatnya tanggal pada 27 28 Februari di Hanoi, Vietnam, akan kembali digelar pertemuan kedua antara Kim Jong Un dan Donald Trump. Presiden Korea Selatan, Moon Jae In mengatakan jika pertemuan itu bisa jadi titik balik bagi hubungan Semenanjung Korea....
  • HOT !
    Indonesia bersedia menjadi tuan rumah multi event terbesar di dunia, Olimpiade, pada tahun 2032 mendatang. Indonesia mencalonkan diri menjadi tuan rumah Olimpiade 2032 karena kesuksesan yang diraih saat menjadi tuan rumah Asian Games 2018....
  • HOT !
    Sebuah buku tebal terlihat berada di atas meja Prabowo ketika menjalani debat capres putaran kedua di Hotel Sultan Jakarta pada Minggu (17/02/19) malam. Lalu buku seperti apa yang dibawa Prabowo itu?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : amalamal
Cast : Kris, Sarah

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)