SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Rahasia Bagaimana MRT Bisa Dijamin 30 Menit Sampai di Rute HI-Lebak Bulus

Senin, 04 Februari 2019 17:23 by reinasoebisono | 793 hits
Rahasia Bagaimana MRT Bisa Dijamin 30 Menit Sampai di Rute HI-Lebak Bulus
Image source: Kompas

DREAMERS.ID - Makin tak sabar, MRT atau Moda Raya Terpadu Jakarta akan resmi beroperai pada Maret mendatang dan diharapkan bisa membuat masyarakat Jakarta dan sekitarnyaberalih menggunakan transportasi umum.

Salah satu keunggulan MRT Jakarta adalah klaim satu rute bisa ditempuh hanya dalam waktu 30 menit. Rute pertama yang hampir selesai adalah dan dioperasikan pertama adalah Bunderan HI-Lebak Bulus.

Garansi 30 menit ini pun dikonfirmasi oleh Direktur Utara MRT Jakarta William Sabandar. Bagaimana bisa? Menurut William, hal ini karena MRT Jakarta menggunakan sistem otomatis communication base train control.

"Jadi pengoperasian otomatis itu menjamin bahwa kereta berangkat jam 7 pagi, ya persis akan tiba 7.30. Ya kemarin kan anda lihat sendiri kita tes kereta, itu yang ditawarkan keandalan," ujar William mengutip Detik.

Baca juga: Bagaimana Bisa MRT Tetap Beroperasi Tapi Tak Miliki Sertifikat Tanah?

Hal ini juga karena pengoperasian kerta yang otomatis menjamin titik jam sampai detik waktu kereta harus sama. Titik berhenti di kereta harus sama agar pemberhentian kereta bisa tepat dengan pintu yang ada di stasiun.

"Karena titik berhentinya juga harus terukur, itu ada pintu kereta platform screen door dan itu harus memastikan titiknya sama. Kalau platform screen door-nya terbuka tapi tidak sama itu kan penumpangnya tidak bisa turun," jelas dia.

Dengan begitu, menjelang operasional pihak MRT terus memastikan integrated positioning kereta bisa berjalan lancar dan baik. MRT Jakarta juga melakukan pelatihan masinis kereta yang telah disertifikasi agar pengoperasiannya bisa dilakukan secara riil.

"Kalau sekarang kan dia mengoperasikan belum ada penumpang. Oleh sebab itu, nanti pada 12 Maret kita sudah ada penumpang, di situ operasi akan dilakukan. Tapi belum komersial, komersialisasi nanti pada saat kita lakukan keseluruhan," jelas dia.

(rei)

  • HOT !
    Akhir bulan ini tepatnya tanggal pada 27 28 Februari di Hanoi, Vietnam, akan kembali digelar pertemuan kedua antara Kim Jong Un dan Donald Trump. Presiden Korea Selatan, Moon Jae In mengatakan jika pertemuan itu bisa jadi titik balik bagi hubungan Semenanjung Korea....
  • HOT !
    Indonesia bersedia menjadi tuan rumah multi event terbesar di dunia, Olimpiade, pada tahun 2032 mendatang. Indonesia mencalonkan diri menjadi tuan rumah Olimpiade 2032 karena kesuksesan yang diraih saat menjadi tuan rumah Asian Games 2018....
  • HOT !
    Sebuah buku tebal terlihat berada di atas meja Prabowo ketika menjalani debat capres putaran kedua di Hotel Sultan Jakarta pada Minggu (17/02/19) malam. Lalu buku seperti apa yang dibawa Prabowo itu?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : amalamal
Cast : Kris, Sarah

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)