SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Ketahui Deretan Nama 49 Caleg Mantan Napi Koruptor di Pemilu 2019

Jumat, 01 Februari 2019 14:14 by reinasoebisono | 1801 hits
Ketahui Deretan Nama 49 Caleg Mantan Napi Koruptor di Pemilu 2019
Image source: Tribunnews

DREAMERS.ID - KPU akhirnya merilis secara resmi daftar nama caleg yang tercatat sebagai mantan narapidana korupsi dan mereka akan turut bertarung di Pemilu 2019 khususnya Pemilihan Legislatif. Total ada 49 caleg yang mencalonkan diri di lingkup DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten, DPRD Kota dan DPD.

Ya, tidak ada caleg yang menjadi mantan koruptor di lingkup DPR RI. KPU mengacu pada ketentuan dalam Pasal 182 dan Pasal 240 UU Nomor 7 Tahun 2017 yang mensyaratkan calon legislatif dengan status mantan narapidana untuk mengumumkan statusnya secara terbuka kepada publik.

"Kami sudah cek dan sudah pastikan daftar nama yang kita ekspose itu data yang valid. Karena dokumen untuk caleg yang diumumkan di KPU RI bisa kita cek langsung di data kita," kata Ketua KPU Arief Budimana via Kumparan.

Dari data itu, diketahui parpol paling banyak mencalonkan eks napi korupsi adalah Golkar (8 orang), Gerindra (6 orang), Hanura (5 orang), Berkarya (4 orang), Demokrat (4 orang), PKS (1 orang), PBB (1 orang).

Sementara parpol yang bersih dari caleg koruptor adalah NasDem, PKB, PPP, dan PSI. Rilisan ini mendapat sentimen dari publik karena kecewa para mantan naarpidana yang jelas bersalah dalam kasus korupsi masih dicalonkan oleh partai masing-masing dan mencalonkan diri untuk berlaga di Pemilu 2019.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Jagat dunia maya terutama Twitter dihebohkan dengan foto foto dan video berdarah darah dari seorang wanita di Mal Pluit Village. Wanita bernama Asela (46) yang diketahui adalah manajer sebuah restoran itu ditusuk oleh seorang pegawai....
  • HOT !
    Bento atau makanan bekal khas Jepang yang biasanya terdiri dari beberapa lauk pauk dan nasi, biasanya ditempatkan di sebuah kotak makan bersekat yang memudahkan konsumen untuk memakan makanan yang ada didalamnya....
  • HOT !
    Pelat nomor berakhiran ‘RF’ nampaknya bukan hal asing di jalanan ibu kota. Namun yang perlu diketahui, nomor polisi tersebut hanya diperuntukkan untuk kalangan tertentu dan ternyata tidak bisa dipergunakan untuk sembarang orang....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : StrongBaby
Cast : -Amber Josephine Lu f(x) -Lee Seunghyun Bigbang -Lee Gikwang B2ST -Son Dongwoon B2ST -Lot Of Cameo

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)