SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Ketahui Deretan Nama 49 Caleg Mantan Napi Koruptor di Pemilu 2019

Jumat, 01 Februari 2019 14:14 by reinasoebisono | 1755 hits
Ketahui Deretan Nama 49 Caleg Mantan Napi Koruptor di Pemilu 2019
Image source: Tribunnews

DREAMERS.ID - KPU akhirnya merilis secara resmi daftar nama caleg yang tercatat sebagai mantan narapidana korupsi dan mereka akan turut bertarung di Pemilu 2019 khususnya Pemilihan Legislatif. Total ada 49 caleg yang mencalonkan diri di lingkup DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten, DPRD Kota dan DPD.

Ya, tidak ada caleg yang menjadi mantan koruptor di lingkup DPR RI. KPU mengacu pada ketentuan dalam Pasal 182 dan Pasal 240 UU Nomor 7 Tahun 2017 yang mensyaratkan calon legislatif dengan status mantan narapidana untuk mengumumkan statusnya secara terbuka kepada publik.

"Kami sudah cek dan sudah pastikan daftar nama yang kita ekspose itu data yang valid. Karena dokumen untuk caleg yang diumumkan di KPU RI bisa kita cek langsung di data kita," kata Ketua KPU Arief Budimana via Kumparan.

Dari data itu, diketahui parpol paling banyak mencalonkan eks napi korupsi adalah Golkar (8 orang), Gerindra (6 orang), Hanura (5 orang), Berkarya (4 orang), Demokrat (4 orang), PKS (1 orang), PBB (1 orang).

Sementara parpol yang bersih dari caleg koruptor adalah NasDem, PKB, PPP, dan PSI. Rilisan ini mendapat sentimen dari publik karena kecewa para mantan naarpidana yang jelas bersalah dalam kasus korupsi masih dicalonkan oleh partai masing-masing dan mencalonkan diri untuk berlaga di Pemilu 2019.

(rei)

  • HOT !
    Akhir bulan ini tepatnya tanggal pada 27 28 Februari di Hanoi, Vietnam, akan kembali digelar pertemuan kedua antara Kim Jong Un dan Donald Trump. Presiden Korea Selatan, Moon Jae In mengatakan jika pertemuan itu bisa jadi titik balik bagi hubungan Semenanjung Korea....
  • HOT !
    Indonesia bersedia menjadi tuan rumah multi event terbesar di dunia, Olimpiade, pada tahun 2032 mendatang. Indonesia mencalonkan diri menjadi tuan rumah Olimpiade 2032 karena kesuksesan yang diraih saat menjadi tuan rumah Asian Games 2018....
  • HOT !
    Sebuah buku tebal terlihat berada di atas meja Prabowo ketika menjalani debat capres putaran kedua di Hotel Sultan Jakarta pada Minggu (17/02/19) malam. Lalu buku seperti apa yang dibawa Prabowo itu?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : amalamal
Cast : Kris, Sarah

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)